Museum Brawijaya, Kilas Balik ke Jaman Penjajahan

Subscribe to Travelingika.com:
Pertama kalinya saya mbolang jauh sendirian yaitu ke Kota Malang. Selama 6 hari saya nginep di rumah seorang teman lama saya yang bernama Lita. Trip jauh ini bener-bener modal nekat karena penasaran pengen ngerasain yang namanya pergi jauh sendiri. Oke lah, mungkin belum sejauh orang-orang lain yang pergi keluar negeri, tapi at least ini adalah suatu wujud nyata bahwa saya juga berani nekat pergi ngetrip yang jauh dari daerah tempat tinggal saya.

Sebenarnya saya ke Malang ini juga tanpa itinerary. Jadi sebenarnya sayang juga sih saya ga ke banyak destinasi wisata meskipun saya tinggal disini nyaris selama seminggu. Tapi tak apalah, untuk pemula saya udah cukup senang bisa kulineran dan jalan-jalan seadanya di kota Malang, hehe. Nah, postingan ini saya khususkan untuk catatan ngetrip ke Museum Brawijaya. Tempat-tempat lain yang saya kunjungi adalah tempat makan, mall dan pasar, jadi tempat-tempat itu ga saya bahas supaya fokusnya tetap tempat wisata.

Saya mengunjungi Museum Brawijaya pada tanggal 7 Februari 2013 dengan naik angkot dari kosnya Lita. Terus terang saya udah lupa rute angkotnya karena ga saya catat (my bad!). Anyway, Museum Brawijaya ini terletak di Jalan Ijen dan buka setiap hari mulai jam 8 pagi. Apa sih koleksi dari Museum Brawijaya ini? Jawabannya: koleksi senjata dan alat perang. Disini kita ga cuma bisa liat koleksi senjata dan meriam yang digunakan pada masa perang tapi juga terdapat aneka tank, lukisan kuno, photo-photo, meja kursi kuno, bahkan mobil kuno. Di ruang lobi terdapat relief wilayah kekuasaan Majapahit dan pasukan Brawijaya serta aneka lambang Kodam dan Kotama TNI AD di Indonesia. Selain itu saya juga melihat beberapa peta perang, pakaian, radio kuno, aneka patung, dan mata uang yang pernah digunakan di Indonesia di masa revolusi. Museum Brawijaya cocok sebagai tempat wisata edukasi untuk belajar sejarah Indonesia di masa lampau, khususnya dalam upaya merebut kemerdekaan. 

Di depan Museum Brawijaya

Salah satu tank perang

Salah satu alat perang

Beberapa senjata


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}
First

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon