Museum Dirgantara Mandala, Koleksi Pesawat Tempur TNI AU di Yogyakarta

Subscribe to Travelingika.com:
Setelah wisuda S1 pada bulan Maret lalu, hasrat jalan-jalan saya makin besar saja. Saya pengen bisa ngetrip kemana aja sebisa saya. Mau ngetrip ke lokasi yang jauh ataupun dekat, apapun boleh. Termasuk jalan-jalan ceria kali ini dengan rumbongan anak TK Teladan. Loh kok bisa dengan anak-anak TK? Jadi begini, saya punya saudara sepupu yang hampir lulus TK. Nah, salah satu acara mereka adalah jalan-jalan bareng sebelum kelulusan. Tante saya nawarin apa saya mau ikut juga, ya saya jawab iyaaahh dengan sukacita apalagi bayarnya juga murah meriah untuk one day trip ini. Rencananya, kami akan mengunjungi Museum TNI AU Dirgantara Mandala (Dirgantara Mandala Air Force Museum) dan Gembira Loka Zoo di Yogyakarta.

Okee, dari Ungaran kami berangkat pagi sekitar jam 7, dan sampai di Yogyakarta hampir jam 10 pagi. Biasalah namanya weekend, macet dimana-mana, apalagi jalan Ambarawa-Secang-Temanggung yang sempit ituh.. uuh seandainya aja jalannya diperbesar pasti ga akan macet parah tiap weekend. Sesampainya di parkiran Museum Dirgantara Mandala, anak-anak TK Teladan yang unyu-unyu itu diatur dalam barisan-barisan. Lalu keluarlah seorang pemandu dari pihak museum kapal terbang ini untuk memandu kami dengan gaya bahasa yang mudah dicerna anak-anak. 

Museum TNI AU Dirgantara Mandala terletak di Kompleks Landasan Udara Adi Sutjipto, Yogyakarta. Awalnya museum ini berlokasi di Jakarta tapi lalu dipindahkan ke Yogyakarta dengan alasan Yogya adalah tempat lahirnya TNI AU dan pusat kegiatan TNI AU. Museum ini punya banyak koleksi pesawat, foto-foto tokoh-tokoh sejarah dan diorama peristiwa sejarah AU. Pesawatnya juga bukan pesawat biasa melainkan pesawat tempur termasuk replikanya. Nah dari mana sih pesawat-pesawat itu berasal? Ternyata pesawat-pesawat itu kebanyakan berasal dari masa Perang Dunia II dan perjuangan kemerdekaan. Puas-puasin deh melihat aneka koleksi aviasi di museum ini, apalagi tiket masuknya juga tidak mahal, hanya 3000 rupiah per orang.





Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon