Ini Serunya Ngetrip Bareng ke Karimunjawa

Subscribe to Travelingika.com:

Pertama kali ikut ngetrip bareng rombongan orang yang tidak saya kenal sebelumnya, rombongan staff Huawei Semarang. Kenapa saya bisa ngikut mereka? Awalnya saya melihat postingan seseorang di grup Backpacker Semarang tentang trip ke Karimunjawa karena salah seorang staff ga ikut jadi mereka musti nyari pengganti. So, saya iseng aja jawab iya soalnya penasaran dengan Karimunjawa. Di hari H, saya ketemuan dengan rombongan mereka di Semarang lalu berangkat bareng ke Jepara. Awalnya sempet malu-malu sih karena saya belum kenal semuanya, hehe. Tapi lama-lama bisa asyik juga bareng mereka. Nah, kami naik kapal Express Bahari ke Karimunjawa dari Pelabuhan Jepara. Berangkat siang, sampai disana sore, dijemput guide dari paket tur nya dan langsung check in taruh barang-barang kami dulu di Hotel Asia Jaya. Menurut saya ini bukan hotel sih, lebih mirip homestay. 

Sekilas tentang Karimunjawa, area ini adalah kepulauan yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa memiliki 27 pulau cantik yang wonderful abis. Saya yang selama ini cuma bisa memandang foto-foto Karimunjawa di internet tentu sangat hepi karena pada akhirnya bisa menjelajah beberapa spot di Karimunjawa. Nah kenapa Karimunjawa populer? Karimunjawa populer sebagai tempat wisata pantai, snorkeling dan diving. Pecinta laut wajib hukumnya kemari. Airnya sangat jernih dan alam bawah lautnya mempesona. Kita bisa menikmati aneka terumbu karang dan biota laut yang beragam dan colorful di Karimunjawa.

Anyway, tanpa menghabiskan banyak waktu istirahat, kami langsung ke dermaga dan naik boat menuju ke Menjangan Besar untuk berenang bareng hiu-hiu! Waaah keren abis, ini pertama kali saya berada di pool yang sama dengan para hiu! Hiu-hiu di tempat konservasi ini berukuran lumayan juga, lumayan kalo gigit maksudnya.. Bakalan langsung &@&8#!@$%()& (sensor). Tapi tenang, kata pawangnya, hiu-hiu itu jinak dan mereka ga akan gigit selama ga ada luka ataupun sedang menstruasi, you know lah, segala yang berbau darah pastinya akan menarik perhatian mereka jadi garang.. hiyaa.. Oh ya, di Menjangan Besar juga bisa memegang aneka hewan laut. Saya memegang bintang laut dan ikan balon berduri. Okeeh trip hari pertama finish sampai disini ya.. 

Ikan balon berduri
Pulau Menjangan Besar

Hiu-hiu yang siap menerkam berenang bareng kamyuuu...


Lanjut ke trip hari kedua (28 Mei 2014), kami nge-boat menuju ke tengah lautan untuk snorkeling. Kapal kami berhenti di area Pulau Kecil. Untuk snorkeling kami memakai goggle, alat snorkel dan life jacket untuk mereka yang ga bisa berenang. Wah saya banget tuh! Hahaha, sayang banget saya ga bisa berenang, untung ada life jacket. Tapii.. udah pakai life jacket pun ternyata saya tetep takut turun haha,, akhirnya saya emang turun tapi cuma pegangan tangga di boat nya,, hahaha.. duh malu banget rasanya. Sampai guide nya udah jelasin berkali-kali kalau ga bakalan tenggelam karena udah pake life jacket, tetep aja saya yang parno. Ini adalah pengalaman snorkeling gagal saya yang pertama kalinya. Semoga next time kalau snorkeling lagi, mental "takut tenggelam" ini udah menghilang. Setelah melihat foto-foto underwater teman-teman dengan ikan-ikan dan terumbu karang, saya pun jadi baper, hiks, pengeeen. Aktivitas berikutnya pun masih snorkeling, tapi pindah lokasi ke area Pulau Menjangan Kecil. Anyway, selain snorkeling, Karimunjawa juga terkenal sebagai spot diving. Oh betapa aku iri pada kalian yang bisa berenang... #baper.

Di Karimunjawa cuacanya panas banget, khas pantai. Cocok buat yang mau menghitamkan kulit, eksotis gan! Anyway, setelah snorkeling, saatnya makan siang. Kami menuju ke Pulau Cemara Kecil. Di pulau ini, guide kami dan temannya sudah menyediakan menu ikan bakar. Oh, asyik banget makan ikan sambil menatap keindahan pantai. Disini kami juga foto-foto sepuasnya, main pasir, jeguran ceria di sekitaran pulau karena aman dan ombaknya tenang. 

Nah masih ada satu spot lagi yang akan kami kunjungi. Spot tersebut adalah Pantai Ujung Gelam yang berlokasi di dusun Alang-alang, Pulau Karimunjawa. Disini banyak penjual makanan dan minuman kelapa, dan mulai rame pengunjung menjelang senja karena semuanya punya tujuan yang sama: narsis foto sunset!

Bening, seger, cantik banget panoramanya
Bahagianya hati ini puas ngetrip di Karimunjawa selama 2 hari. Walaupun hanya mengunjungi beberapa pulau dan spot ngetop, tapi rasanya udah senang banget karena ini adalah salah satu impian saya sejak lama untuk ngetrip ke Karimunjawa #terharu. Malamnya setelah makan malam bersama, kami pergi keluar cari suvenir. Disini suvenirnya bagus-bagus banget, ga mengecewakan dan harganya murah. Dari mulai kaos, gantungan kunci, gelang, kalung, dll, semuanya keren. 

Paginya kami ketinggalan kapal menuju ke Pelabuhan Jepara karena kapalnya berubah jadwal #hiks. Untunglah ada kapal barang yang berbaik hati mengangkut kami (walaupun harus bayar dengan harga yang lumayan mahal #hiks). Akhirnya sampailah kami beberapa jam kemudian di Jepara lagi dan lanjut pulang ke Semarang. Terimakasih ya om dan tante, para staff Huawei Semarang untuk kebaikan dan keasyikannya di trip Karimunjawa ini :).


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon