Brown Canyon, Grand Canyon ala Semarang

Subscribe to Travelingika.com:

Area Brown Canyon Semarang sebenarnya bukanlah destinasi wisata. Lokasi ini sejatinya hanyalah perbukitan biasa dimana terdapat aktivitas penambangan material. Lama kelamaan, area perbukitan ini malah menjadi unik bentuknya karena aktivitas penambangan tersebut. Boleh dikatakan, Brown Canyon ini adalah Grand Canyon nya kota Semarang. Lokasinya terletak di Desa Rowosari, Tembalang yang berbatasan dengan Pucang Gading, Mranggen, Demak. 


Saya ke Brown Canyon dengan membonceng motor teman. Masuk ke kawasan ini butuh perjuangan karena tipikal jalannya yang cukup ekstrim dan bergelombang. Kalau bisa, jangan pakai motor matic atau mobil bagus, sayang banget kalau ada apa-apa sama kendaraannya entar. Apalagi aktivitas penambangannya bikin udara kotor, penuh polusi. Banyak truk berseliweran mengangkut hasil-hasil penambangan material berupa pasir dan batu. Saran saya, jangan lupa bawa masker untuk melindungi muka dari debu.

Akhirnya "perjuangan" kami pun terbayarkan dengan keindahan panorama Brown Canyon yang unik dengan tebing-tebing tingginya. For your information, waktu bagus untuk foto-foto disini adalah pada pagi atau sore hari. Siang juga oke sih, tapi terlalu panas apalagi ditambah ekstrimnya debu-debu penambangan. Selain itu, disini juga ga ada pohon-pohon untuk berteduh. Tiket masuk sih harusnya ga ada ya karena toh lokasi ini bukan untuk wisata. Tapi pengunjung harus bayar retribusi sebesar 2000 rupiah sebelum memasuki kawasan ini.

Salah satu, eh salah dua tebing tinggi di Brown Canyon

Oh jodohku, kamu dimana? *edisi jones*


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon