Candi Ngempon, Candi Imut di Kabupaten Semarang

Subscribe to Travelingika.com:

Selama ini saya hanya tahu satu candi yang ada di wilayah Kabupaten Semarang yaitu Candi Gedongsongo. Ternyata saya salah. Ada candi lain yang kebetulan memang kurang populer kalau dibandingin dengan Candi Gedongsongo. Candi mungil ini letaknya ada di Desa Ngempon, maka oleh penduduk setempat diberi nama Candi Ngempon. Candi yang memiliki nama lain Candi Muncul ini letaknya tidak jauh dari Pasar Karangjati, hanya sekitar 2 kilometer. Berhubung saya ga bisa naik motor, jadi untuk ke candi ini saya naik ojek dari Pasar Merak Mati. Bisa juga naik ojek dari Pasar Karangjati tapi akan lebih dekat jaraknya kalau ngojek dari Pasar Merak Mati di Bawen. 

Nyari wangsit, sapa tau jadi jadi jenius mendadak
Tidak ada tiket masuk, alias free. Yayy.. Tapi kalau mau ke candinya butuh sedikit perjuangan karena kita musti jalan naik dan melewati pematang sawah dan sungai. Nanti akan ada gapura dan pagar dengan candi mungil didalamnya. Ya ga mungil mungil banget sih, tapi kalau dibandingin sama aneka candi yang pernah saya kunjungi sebelumnya, Candi Ngempon ini imut-imut, kakaaak.. Nah sebenarnya di candi Hindu ini terdapat 9 titik pondasi candi, tapi hanya 4 saja yang udah direkonstruksi. Candi imut ini ditemukan pertama kali taun 1952, waktu itu juga ditemukan beberapa arca kuno yang saat ini disimpan di Museum Ranggawarsita Semarang

Penampakan candi dari samping, sepi pas ga ada pengunjung lain hahaha

Taman di pelataran candi
Sebenarnya kapan sih candi ini dibangun? Kalau menurut papan info yang ada di sebelah candi ini, tidak jelas kapan pendirian candi ini disebabkan tidak adanya data tertulis tentang dibangunnya candi ini. Tapi kalau dilihat dari arsitekturnya, diperkirakan candi ini berasal dari jaman yang sama dengan Candi Gedongsongo, yaitu pada abad ke-7 atau 8 Masehi. Tak hanya candi saja, tapi juga sudah ada taman cantik di pelatarannya. Tak jauh dari candi, ada Petirtaan Kuno yang dijadikan pemandian air hangat. Kalau mau berendam disini, tiket masuknya murah meriah, cukup 2000 rupiah aja.

Bukan si manis jembatan Ancol, manusia tulen saya mah :D


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon