Pantai Goa Cemara Yogyakarta, Uniknya Pepohonan Cemara Udang dan Konservasi Kura-kura

Subscribe to Travelingika.com:
Di one day trip dengan keluarga temen saya hari ini, kami mengunjungi 2 destinasi wisata. Yang pertama adalah Taman Kyai Langgeng di Magelang dan yang kedua adalah Pantai Goa Cemara. Pantai ini terletak di daerah Bantul, Yogyakarta, kira-kira 20 kilometer jauhnya di bagian Barat Pantai Parangtritis. Di pintu masuknya, kita akan disambut tulisan gede Pantai Goa Cemara dengan 2 patung kura-kura. Jangan lewatkan foto-foto dibagian ini deh, karena instagrammable banget. Karakter pantai ini hampir sama dengan Pantai Parangtritis, yaitu pasirnya berwarna gelap dengan ombak laut yang sangat besar. Tapi ada keunikan yang hanya dimiliki Pantai Goa Cemara. Sesuai namanya, disini banyak terdapat pohon cemara udang yang tumbuh dengan rimbunnya di area pantai dan pohon-pohon tersebut membentuk seperti lorong, maka diberi nama Goa Cemara. Pantai ini masih tergolong baru tapi waktu kami mengunjungi pantai ini, banyak banget pengunjungnya. 

Keunikan lain adalah disini ada Turtles Conservation, atau tempat konservasi kura-kura. Berbentuk rumah kura-kura dan beberapa jenis kura yang ada di tempat konservasi ini adalah penyu hijau, penyu sisik, penyu lekang, dan penyu belimbing. Pada waktu-waktu tertentu diadakan rilis kura-kura atau melepas kura-kura ke laut.

Di Pantai Goa Cemara terdapat mercusuar dan pengunjung juga bisa masuk ke mercusuar ini dengan hanya membayar 5000 rupiah untuk 2 orang. Sayangnya karena waktu kami ga banyak, kami ga sempat naik ke mercusuar ini. Mungkin next time kalau kemari lagi saya pasti tak akan sia-siakan kesempatan naik ke mercusuar :D.

Selama berada di Pantai Goa Cemara, saya duduk-duduk dibawah rindangnya pohon-pohon cemara udang, sambil menikmati view laut dengan ombak yang sangat besar. Angin disini semilir dan kadang-kadang juga cukup kencang. Sejuk dan bikin ngantuk, pengennya tidur kalau ketemu pepohonan yang rimbun. Oh ya, kalau anak-anak mau berenang di air yang bersih, disini juga disediakan kolam pemandian. Selain itu, fasilitas yang lain adalah tempat parkir yang luas, toilet umum, kamar mandi, dan mushola.  


Beberapa jenis kura-kura yang ada di Turtles Conservation

Karena ombaknya gede, cukup menikmati dari kejauhan aja


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon