Umbul Sidomukti dan Pondok Kopi, Serunya Outbound dan Minum Kopi di Lereng Gunung

Subscribe to Travelingika.com:

Di tahun 2009, saya pernah ke Umbul Sidomukti yang terletak di kawasan Bandungan, Kabupaten Semarang, tapi waktu itu cuma berbekal hape dengan kualitas kamera masih jelek. Nah dengan alasan mau mengulang foto-foto itulah saya akhirnya berwisata ke Umbul Sidomukti lagi, sekalian nantinya makan siang di Pondok Kopi yang letaknya berdekatan. Parkir motor hanya dikenai 2000 rupiah dan tiket masuk 10 ribu aja. Jam buka setiap hari mulai jam 8 pagi sampai 10 malam. Begitu masuk, disambut banyak pohon yang tinggi dan kumpulan kuda. Kenapa ada kumpulan kuda didekat pintu masuk ya? Kuda-kuda itu ternyata untuk disewakan ke pengunjung yang ingin jalan-jalan disekitar area Umbul Sidomukti dengan menunggang kuda. Selanjutnya ada ticket booth kalau mau melakukan aneka aktivitas seru, seperti Flying Fox, Marine Bridge, River Up Trekking, Repelling, dan beberapa permainan outbound lainnya. Disini juga bisa melakukan aktivitas berkemah dan mengendarai ATV loh, asyik kan.. 

Beberapa kuda yang disewakan

Foto dengan background area outbound

Salah satu sudut taman
Kalau dulu belum banyak penjaja makanan disini, sekarang alamak.. banyak banget, jadi ga usah takut kelaperan, dan jajanannya enak-enak pula. Saya dan temen saya pun membeli 2 sosis besar dulu sebelum lanjut ke area pemandian. Nyam nyam nyam... perut pun tak meringis lagi. Pemandiannya berupa 4 kolam renang dan saat itu cukup ramai yang njegur, mungkin karena hari Minggu. Dengan ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut, kawasan ini sejuk dan cukup dingin. Selain pemandian, ada juga taman luas dengan beberapa gazebo. Dari taman ini kita bisa menikmati pemandangan area Bawen dari atas. Umbul Sidomukti sudah menjadi salah satu tempat wisata alam favorit di Bandungan, Kabupaten Semarang selain Candi Gedongsongo.

Tak berapa lama, perut udah meringis lagi minta diisi makan, kayaknya sosis yang kami makan tadi masih kurang. Okee, kita memutuskan untuk ke Pondok Kopi, sebuah restoran yang berjarak tidak jauh dari Umbul Sidomukti. Bea masuk cukup 4000 saja. Resto ini biasa dijadikan tempat hang out dan minum kopi. Tak hanya restoran, disini juga ada areal bukit nan hijau untuk bersantai dan Goa Tirta Mulya. Terus terang saya ga berminat masuk mengeksplor gua ini, jadi saya ga tau isinya apa, hehe. 

Bagaimana dengan menu di resto Pondok Kopi? Standar sih, makanan lokal dan beberapa menu roti. Ada beberapa pilihan kopi untuk dinikmati. Tapi harganya ya gitu deh, mungkin bisa dibilang agak lebih mahal. Thanks God cuaca hari ini cerah banget, padahal masih musim hujan, sampai saya bela-belain bawa sandal jepit, buat jaga-jaga kalau ujan mendadak, hahaha. Eniwei, kalau kita udah mau keluar dari area Pondok Kopi, baru dicas bea parkir sebesar 2000 rupiah. 


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon