Ini Serunya Berpetualang ke Curug Lawe Ungaran

Subscribe to Travelingika.com:

Di hari Minggu yang cerah ini, saya dan teman saya, Rofiq, mau berpetualang ke Curug Lawe, sebuah air terjun yang terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Walaupun dari lahir saya berdomisili di Ungaran, tapi seumur-umur baru kali ini saya ke Curug Lawe. Saya dijemput Rofic pagi hari dan segera melaju menuju Desa Kalisidi. Kondisi jalannya ga buruk-buruk amat dan sudah beraspal. Sesampainya di area parkir, kami langsung bayar parkir dan tiket masuk. Parkir motor 2000 aja dan tiket masuk per orang 4000 rupiah. Memulai trekking hari ini dengan menuruni tangga dimana ada tulisan We Love CLBK. CLBK kepanjangan dari Curug Lawe Benowo Kalisidi. Nah, ada 2 air terjun disini yaitu Curug Lawe dan Curug Benowo. Tapi hari ini saya hanya akan berpetualang ke Curug Lawe. Mungkin next time kalau ada kesempatan lagi baru deh saya ke Curug Benowo :).

Trekking nya seru juga, menyusuri pinggiran kali dengan pemandangan pepohonan. Ada spanduk-spanduk lucu seperti misalnya berikut ini: "Selamatkan anak bangsa dari bahaya kekurangan piknik." Lol. Anyway, pinggiran kalinya lumayan ekstrim, licin dan terjal, jadi musti hati-hati tingkat ekstra. Rutenya naik turun, jadi usahakan fisik dalam kondisi prima kalau mau ke Curug Lawe. Ada sebuah jembatan yang harus kita lewati. Jembatan dengan pegangan warna merah cetar ini awalnya bikin saya parno karena banyak lubang-lubang. Dengan segenap keberanian, akhirnya saya niatin juga dan malah ditengah jembatan saya sempat foto-foto juga karena pemandangan dari atas sini sungguh memanjakan mata. 

Oke deh, lanjut melewati sungai dengan banyak batuan dan trekking pelan-pelan, yang penting nyampe, jadi ga usah buru-buru, hehe. Di dekat jembatan berikutnya ada spanduk Area Pandang Lutung. Wow, disini juga ada lutung? Dimana lutungnya ya? Ah sayang sekali selama melewati area ini saya ga menemukan ke-eksis-an seekor lutung. Cuaca yang sejuk dan segar membuat kami tak cepat lelah untuk berjalan menapaki area ini. 

Akhirnya sampailah...ke pertigaan. Oh ternyata belum sampai sampai yah, hehe. Baiklah, dari pertigaan ini pilih jalur ke Curug Lawe. Setelah banyak menit berjalan, akhirnya sampai beneran di Curug Lawe. Oh indahnya, oh cantiknya!! Senangnya saya melihat air jatuh dengan derasnya dari atas. Airnya bersih bangeeet. Sungguh keindahan alam yang luar biasa. Memang sih tidak sebesar Air Terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu, tapi menurut saya air terjun ini udah termasuk keren banget. Sungguh menyesal hati ini, menyesal kenapa ga dari dulu berpetualang kemari :D. 

Sebelum lanjut trekking lagi :D

Sungainya bening bersih dengan bebatuan besar disana sini

Air terjun mini, segerrr
Kami foto-foto dan jeguran disini sekitar 1,5 jam, lalu balik ke parkiran dengan rute yang sama. Oh ya ada juga spot air terjun mini didekat Curug Lawe yang bisa dijadikan spot foto juga. Jalan kaki sekitar 45 menit dan sampailah kami di parkiran. Puas rasanya berpetualang ke Curug Lawe hari ini, thanks untuk Rofiq yang sudah berbaik hati ngetrip sama saya.


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon