9 Spot Foto Kece di Kawasan Kota Lama Semarang

Subscribe to Travelingika.com:

Kalau kamu suka yang serba vintage, oldie but goldie, kuno tapi kece, yuk jalan-jalan ke Kawasan Kota Lama Semarang. Di kawasan ini banyak terdapat bangunan kuno peninggalan jaman penjajahan Belanda. Namanya bangunan kuno, meskipun sudah direnovasi pun tetap saja memiliki arsitektur yang unik khas Eropa. Mengunjungi kawasan ini, kamu bakalan merasa dibawa ke masa tempo doeloe. Nah apa aja sih spot foto kece di Kawasan Kota Lama Semarang? Berikut ini 9 spot yang saya rekomendasikan untuk trip ke Kawasan Kota Lama Semarang.

1. Polder Tawang


Trip ini saya mulai dengan mengunjungi Polder Tawang, sebuah kolam retensi yang terletak di depan Stasiun Tawang Semarang. Polder Tawang dibangun untuk mengendalikan permukaan air di area Kota Lama. Biasanya orang-orang datang ke Polder Tawang untuk memancing atau untuk melakukan aktivitas olahraga seperti jogging. Salah satu spot kece di polder ini adalah dengan latar belakang polder dan Stasiun Tawang.

2. Gereja Blenduk


Lanjut ke destinasi berikutnya yang berjarak sekitar 200 meteran dari Polder Tawang, yaitu Gereja Blenduk (GPIB Immanuel). Gereja ini adalah gereja Kristen tertua di Jawa Tengah yang dibangun tahun 1753 oleh orang-orang Belanda yang tinggal di Semarang kala itu. Kubahnya besar dan didalam gereja terdapat sebuah orgel Barok tertua, orgel yang hanya ada satu-satunya di Indonesia, didalam Gereja Blenduk. Gereja Blenduk yang beralamat di Jl. Letjend Suprapto No.32 ini adalah salah satu landmark kota Semarang yang sayang untuk kamu lewatkan. 

3. Taman Srigunting


Tepat di sebelah Gereja Blenduk terdapat Taman Srigunting. Taman ini merupakan salah satu landmark di kawasan Kota Lama yang dulu digunakan sebagai panggung parade di masa pemerintahan Belanda. Saat ini menjadi taman terbuka nan sejuk dan biasa digunakan untuk tempat ngumpul-ngumpul atau hang out. Nah disini kamu bisa foto dengan background kece seperti bangunan Gereja Blenduk.



4. Gedung Marba


Di seberang Gereja Blenduk dan Taman Srigunting terdapat gedung berwarna merah yaitu Gedung Marba. Gedung ini dibangun pada pertengahan abad ke-19 dan awalnya digunakan sebagai kantor usaha pelayaran (EMKL). Saat ini gedung kece berwarna merah ini hanya difungsikan sebagai gudang. Meskipun hanya berfungsi sebagai gudang, tapi arsitekturnya yang kece membuat siapapun yang berkunjung ke Kawasan Kota Lama Semarang ingin berfoto dengan background Gedung Marba yang beralamat di Jl. Letjend Suprapto no.33 Semarang.

5. Spiegel


Spiegel adalah sebuah bar dan bistro yang menempati sebuah bangunan kuno yang dibangun pada tahun 1895. Beralamat di Jl. Letjend Suprapto No. 34, Spiegel memiliki arsitektur khas jaman Belanda yang antik. Selain berfoto didepan bangunan ini, pengunjung Spiegel juga bisa menikmati view Kawasan Kota Lama dari rooftop.

6. Kampung Seni Padang Rani


Di antara Spiegel dan Taman Sri Gunting terdapat Kampung Seni Padang Rani (Paguyuban Pedagang Barang Seni). Disini terdapat banyak penjual barang antik, souvenir ataupun hiasan dinding. Nah kalau kamu suka barang-barang jadul, ga ada salahnya berburu koleksi benda-benda lawas di Kampung Seni Padang Rani. Tak hanya itu, kamu juga bisa berfoto dengan patung Semar didepan pasar seni ini.



7. Oudetrap


Gedung Oudetrap yang terletak di sebelah Taman Srigunting juga merupakan salah satu bangunan antik di Kawasan Kota Lama Semarang. Kabarnya, bangunan ini kedepannya akan dijadikan Pusat Informasi Pariwisata Kota Semarang. 

8. Semarang Contemporary Art Gallery


Kira-kira 100 meter dari pasar seni Padang Rani, kamu bisa merapat ke Semarang Contemporary Art Gallery. Gallery ini buka dari jam 10 hingga 16.30 WIB dengan tiket masuk hanya 10 ribu. Berbagai karya seni kontemporer dipamerkan disini antara lain patung dan lukisan. Terdapat papan informasi yang menyebutkan judul dari objek seni tersebut beserta penjelasan singkatnya. Yang sering jadi objek foto disini adalah patung orang yang berdiri dengan posisi miring. Unik banget. Bangunan galeri yang beralamat di Jl. Taman Srigunting No. 5-6 Semarang ini sayang untuk dilewatkan, terutama oleh kaum penyuka seni.



Dan inilah dia spot terakhir yang juga saya rekomendasikan sebagai spot foto kece. Sengaja saya taruh di bagian terakhir karena menurut saya museum 3D ini memiliki banyak koleksi background seru untuk foto narsis. Kayaknya bakalan butuh waktu lama untuk foto-foto disini saking banyaknya pose dan ekspresi yang bisa kita buat disini, hehe. Beralamat di Jl. Letjen Suprapto No.26, tak jauh dari Gereja Blenduk. Tiket masuknya 40 ribu, buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Mantap kan, bahkan pulang kerja pun tetep bisa mampir kemari, hehe. Kalau kamu penggemar foto narsis, Old City 3D Trick Art Museum ini bisa "memuaskan" hasrat narsis kamu. Koleksinya juga diganti tiap beberapa bulan sekali supaya pengunjung ga bosen.


Okee deh, itulah 9 spot foto kece di Kawasan Kota Lama Semarang yang saya rekomendasikan. Semoga bermanfaat ya temans..  


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

8 comments

kemarin waktu ke semarang cuman ke Lawang Sewu, karena memang cuma lewat sebentar.. next bisa di coba nih ketempat-tempat di atas, thx for info n nice pic ;)

Salam kenal,

melirukman.blogspot.co.id

Nice info! Bisa jadi referensi kalau main ke Semarang! :)

Cheers,
http://www.novreica.blog

Wiiii keren emang Semarang itu seruu cuma puanasnyaaa itu looooh

-M.
http://www.inklocita.com/2017/04/beli-jr-pass.html?m=1

hehe makasih atas kunjungannya mba...semoga bisa segera main ke Semarang ya ^^

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon