5 Tempat Wisata Museum di Kota Tua Jakarta

Subscribe to Travelingika.com:

Target ngetrip saya kali ini adalah kawasan Kota Tua di Jakarta Barat. Udah sedari dulu pengeeen banget wisata museum kesini, akhirnya kesampaian juga. Nah, menuju ke area ini gampang banget tinggal naik KRL turun di Stasiun Jakarta Kota. Stasiun ini letaknya di kawasan Kota Tua. Tinggal jalan kaki dikit untuk ngetrip ke beberapa museum yang ada disekitarnya. Kota Tua adalah sebuah wilayah di Jakarta yang disebut juga dengan nama Batavia Lama. Luasnya kurang lebih 1,3 kilometer persegi dan pada abad ke-16 dijuluki "Permata Asia" karena dianggap sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia. 

Berikut ini adalah catatan saya ngetrip ke 5 museum yang berada di area Kota Tua. Tarif tiket masuk ke semua museum ini sama, yaitu 5000 rupiah saja.

1. Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah)

Museum Sejarah Jakarta

Museum Sejarah Jakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Museum Fatahillah lokasinya ada di Taman Fatahillah. Dibangun pada tahun 1700an dan dulunya merupakan Stadhuis van Batavia atau balaikota Batavia. Di museum ini saya jadi belajar mengenai sejarah kota Jakarta. Koleksinya antara lain beberapa benda arkeologi yang ditemukan di Jakarta, mebel-mebel antik, keramik, batu prasasti, dan replika peninggalan jaman kerajaan Tarumanegara dan Pajajaran. Selain itu terdapat juga aneka koleksi budaya Betawi dan patung Hermes. Spot lain yang bisa dilihat disini adalah bekas penjara bawah tanah.

2. Museum Wayang 

Wayang raksasa :D

Museum kedua yang saya kunjungi adalah Museum Wayang yang memiliki banyak koleksi wayang dan juga boneka dari berbagai negara. Museumnya berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara, dekat dengan Museum Sejarah Jakarta. Dibangun pada tahun 1640 dan dulunya digunakan sebagai Gereja Lama dan Gereja Baru Belanda. Jumlah koleksi wayangnya mencapai 4000, dan koleksi boneka luar negerinya berasal dari Eropa, Tiongkok, Thailand, dll. 

3. Museum Seni Rupa dan Keramik

Bangunan megah dengan koleksi keramik dan aneka benda seni rupa

Museum ini berlokasi di Jalan Pos Kota, tepatnya diseberang Museum Sejarah Jakarta. Disini banyak terdapat lukisan, benda-benda seni rupa dari masa lampau bahkan prasejarah, dan juga benda-benda keramik dari beberapa negara. Gedung ini dibangun pada tahun 1870 dan awalnya digunakan sebagai Kantor Dewan Kehakiman pada Benteng Batavia. Gedungnya megah dengan delapan tiang besar dibagian depan. Menurut saya salah satu koleksi yang paling unik di museum ini adalah adanya benda-benda keramik yang ditemukan di kapal-kapal karam. 

4. Museum Bank Indonesia

Yuk belajar tentang sejarah perjalanan mata uang di Nusantara

Museum Bank Indonesia terletak di Jalan Pintu Besar Utara. Gedung ini dibangun pada tahun 1828 dan dulunya merupakan gedung De Javasche Bank. Berisi koleksi sejarah uang dan cikal bakal bank di Indonesia. Informasi perjalanan mata uang di Indonesia yang disajikan di museum ini bisa dibilang lengkap dan terperinci. Penyajiannya sangat keren bikin seneng belajar tentang uang, hehe. 

5. Museum Mandiri

Peralatan perbankan tempo dulu

Terakhir, saya ke Museum Mandiri yang bersebelahan dengan Museum Bank Indonesia. Beralamat di Jalan Lapangan Stasiun, museum ini berisi koleksi benda-benda bersejarah yang menjadi cikal bakal adanya Bank Mandiri, salah satu bank terbesar di Indonesia. Gedung ini dibangun pada tahun 1929 dan dulunya digunakan sebagai Nederlandsche Handel-Maatschappij yang merupakan perusahaan dagang milik Belanda yang kemudian berkembang menjadi perusahaan di bidang perbankan. Tak hanya koleksi sejarah Bank Mandiri, namun di museum ini juga terdapat koleksi aktivitas perbankan tempo dulu dan perkembangannya, seperti peralatan operasional bank, surat berharga, mesin hitung, mata uang kuno, dll. Yang paling unik menurut saya adalah koleksi alat-alat perbankan yang di"tempel" di dinding. Saya juga tertarik dengan koleksi buku-buku besar dari tahun 1800an ketika waktu itu administrasi bank belum dijalankan dengan komputer, tapi dengan tulisan tangan! 

Nah itulah 5 museum yang saya kunjungi di Kota Tua, Jakarta Barat. Senang rasanya akhirnya bisa wisata museum lagi, tak hanya 1 tapi 5 sekaligus dalam sehari! :D 


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon