Sunday, February 17, 2019

Jalan-jalan ke Pantai Buron, Teras Kaca Pantai Nguluran, dan Pantai Sadranan Yogyakarta

Hari ini, 17 Februari 2019, saya ngetrip tipis-tipis ke 3 pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta. Ketiga pantai itu adalah Pantai Buron, Pantai Nguluran, dan Pantai Sadranan. Dari Ungaran, saya berangkat bareng 5 teman kira-kira jam 1 pagi. Sekitar jam 4 pagi kami sudah sampai di area Gunung Kidul. 

teras kaca pantai nguluran
Teras Kaca Pantai Nguluran

1. Pantai Buron

Tujuan pertama kami adalah Pantai Buron. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Gesing dan tiket masuknya jadi satu dengan Pantai Gesing. Pantai Buron berlokasi di Desa Girikarto, Kec. Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Buka 24 jam dan tiket masuk sebesar 5000 Rupiah dan tarif parkir juga 5000 Rupiah. Pantai Buron dikelilingi tebing tinggi. Karakteristiknya berbeda dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul yang sudah pernah saya kunjungi. Biasanya, pantai-pantai di Gunung Kidul mempunyai area pasir putih yang luas. Tapi Pantai Buron ini hanya memiliki sedikit bagian pasir putih dan pengunjung juga harus turun ke bawah, jadi harus hati-hati ya gaesss. 

tiket masuk pantai buron gesing
Tiket Masuk Pantai Buron dan Pantai Gesing

Pantai Buron
Pantai Buron


Disini banyak terdapat batu karang yang tajam dan ombaknya besar-besar. Menurut saya sih cukup berbahaya. Saya sendiri tidak turun kebawah, dari atas saja sudah cukup lah, hehe. Nah, karena cuaca di pagi hari ini mendung dan kurang bersahabat, mohon dimaafken kalo fotonya rada gelap, hiks, apalagi saya pake GoPro Hero 6 Black yang kurang responsif pada kondisi cahaya yang kurang terang. 


pantai buron
Saya dari atas aja, ga berani kebawah, hehe


2. Teras Kaca Pantai Nguluran

Okee.. lanjut ke tujuan kedua yaitu Pantai Nguluran. Alasan kami kemari karena penasaran dengan spot Teras Kaca. Pantai Nguluran terletak di Bolang, Desa Girikarto, Panggang, Gunung Kidul. Tidak jauh dari Pantai Buron, hanya sekitar beberapa ratus meter. Pantai ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Disini terdapat beberapa spot foto unik, jadi sayang bila dilewatkan. Tiket masuk ke Pantai Nguluran sebesar 5000 Rupiah. Di Pantai Nguluran, saya bisa melihat keindahan alam pantai di teras kaca. Ngeri-ngeri sedep juga sih pas foto di teras kaca, soalnya lantainya kan kaca, saya lihat tembus kebawah gitu jadi rada parno, hehe 😅. Tapi seru sih, spot Teras Kaca ini very recommended, apalagi menghadap langsung ke arah lautan. Nah disini pengunjung tidak bisa bermain pasir apalagi main air di laut. Destinasi ini memang hanya menawarkan wisata foto unik dengan latar belakang Pantai Nguluran.

teras kaca pantai nguluran
Ngeri-ngeri sedep foto di spot ini 😅


Oya, di spot Teras Kaca, jumlah maksimal pengunjung hanya boleh 4 orang saja. Hal ini karena spot ini berlantai kaca, jadi untuk meminimalisir resiko yaa. Selain Teras Kaca, disini juga ada Glass Boat, Becak Terbang, Fly Gliding, dll. 

3. Pantai Sadranan

Lanjut ke destinasi wisata ketiga saya hari ini, yaitu Pantai Sadranan. Di tahun 2015 saya sudah pernah ke Pantai Sadranan. Memang bagus banget! Pantainya luas dengan pasir putih yang kinclong memanjakan mata 😍. Pengunjung bakalan puas bermain pasir dan juga berenang di laut biru yang bening. Di sekeliling pantai terdapat bukit-bukit hijau jadi semakin menambah keindahan alam Pantai Sadranan 😊. 

pantai sadranan
Pantai Sadranan yang indah sekalee 😍


Lokasinya ada di Dusun Pulegundes, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Buka setiap hari dari jam 7 (Sabtu-Minggu) dan jam 8 (Senin-Jumat) sampai jam 5 sore. Nah disini pengunjung bisa snorkeling juga. Tapi berhubung saya gak bawa baju ganti, ya udah deh gak usah snorkeling dan cukup jalan-jalan saja sambil menikmati keindahan Pantai Sadranan.

pantai sadranan
Pasir putih, laut biru bening, oh indahnya 😍


Okee deh jadi segitu aja ya trip tipis-tipis saya hari ini. Walau tipis-tipis tapi yang penting bikin fresh dan bahagia 😁.

Location Map:

Baca Juga

SHARE THIS: