Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong, Pagoda Tertinggi di Indonesia

Subscribe to Travelingika.com:
Di Semarang terdapat aneka tempat wisata reliji yang populer. Sebagai contoh, Masjid Agung Jawa Tengah, Gereja Blenduk di Kawasan Kota Lama dan Sam Poo Kong. Beberapa bulan yang lalu saya juga berwisata reliji ke Vihara Mahavira Graha di Kompleks Marina. Sebenarnya vihara tersebut bukan tempat wisata sih, hanya saja saya memiliki teman seorang biksu yang kebetulan juga tinggal disana, jadilah saya diajaknya berkeliling vihara dengan langit-langit unik yang bisa mengeluarkan gema di salah satu lantainya. 

Nah kali ini saya akan membahas mengenai salah satu tempat wisata reliji di Semarang yaitu Pagoda Avalokitesvara yang lokasinya ada di kompleks Vihara Buddhagaya Watugong. Dibangun pada tahun 1957 dan diresmikan kembali pada tahun 2006, kompleks vihara dengan luas lebih dari 2 hektar ini merupakan vihara pertama di Indonesia setelah keruntuhan kerajaan Majapahit. Diperuntukkan sebagai tempat ibadah umat Buddha, pagoda ini juga merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Disebut tertinggi karena memiliki tinggi 45 meter. Pagoda ini dikenal juga dengan nama Pagoda Dewi Kwan Im, Pagoda Metakaruna, atau Pagoda Cinta untuk menghormati Dewi Kwan Im yang merupakan Dewi cinta kasih.

Selain pagoda nya yang sangat cantik dengan arsitekturnya yang unik, di pelataran pagoda terdapat patung Sidharta Gautama yang sedang duduk dibawah pohon Bodhi yang rindang. Pohon ini pun cantik dengan banyaknya kertas berwarna merah yang digantungkan pada ranting-rantingnya. Masuk ke pagoda ini free of charge, alias gratis. Hanya bayar parkir saja bila pengunjung membawa kendaraan. Kebetulan saya kemari naik bus, hehe. Mudah ditemukan di pinggir jalan tepatnya di depan Kodam IV Diponegoro Semarang. 

Narsis dibawah Pohon Bodhi yang rindang

Patung Sidharta Gautama

Duduk-duduk di tangga menuju pagoda


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon