Air Terjun Grojogan Sewu, Obyek Wisata Terpopuler di Tawangmangu

Subscribe to Travelingika.com:
Emak saya yang reunian SMA, tapi malah saya yang kegirangan. Kenapa? Karena bisa ikutan one day trip ke Tawangmangu, sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Berangkat dari Ungaran pagi-pagi, masih ngantuuk.. Tapi.. boboknya berlanjut didalem bis yang udah disewa panitia reuni SMA emak saya, hehe. Perjalanan kurang lebih 3 jam untuk sampai ke sebuah villa di Tawangmangu.

Begitu sampai di Tawangmangu, disambut pemandangan ijo-ijo dimana-mana, udaranya sejuk. Ga heran sih, Tawangmangu berada di area pegunungan yang banyak hutan dan perbukitan. A perfect place to escape! Jangan salah.. walaupun kota kecil, tapi Tawangmangu udah ngetop sampai mancanegara. Utamanya adalah karena adanya obyek wisata Air Terjun Grojogan Sewu dengan tinggi 81 meter. Di Tawangmangu ternyata ada banyak villa dan tempat-tempat penginapan, wajar sih karena lokasi ini memang sip banget buat melarikan diri sejenak dari kehidupan perkotaan yang sibuk dan banyak polusi. 

Seperti yang udah saya sebutkan sebelumnya, daya tarik wisata utama di Tawangmangu memang Air Terjun Grojogan Sewu nya. Padahal ada beberapa obyek wisata lain tapi saat itu saya cuman pengen banget ke Grojogan Sewu. Ah, ditengah-tengah acara reuni SMA emak, saya pun minta ijin untuk keluar meng-explore air terjun. Soalnya kalau nunggu sampai acara reuni selesai bakalan ga sempet deh ke air terjunnya... sooo saya harus gerak cepat! 

Lokasi villa tempat reuni itu sendiri ternyata tidak jauh dengan lokasi air terjun! Aseeek kakaaak. Cuss langsung ke booth tiketnya dan beli tiket masuk seharga 6500 dan 7500. Loh kok ada 2 harga? Nah itu juga yang bikin saya bingung. Saya dikasi 2 tiket dengan 2 harga yang berbeda yang dua-duanya harus saya bayar. Tiket yang pertama dengan harga 5000 (hari biasa) dan 7500 (weekend), dan tiket yang kedua seharga 6500/orang. So, total yang harus saya bayar di hari Sabtu itu adalah 14 ribu. 

Yuuk mari mulai menuruni anak tangga sebanyak 1250 ini.. hahaha banyak yaa... Dan sepanjang kita turun bakalan disuguhi banyak pemandangan tanaman, tempat rekreasi anak-anak, beberapa kera, penjual-penjual makanan dan suvenir, dan pemandangan air terjun Grojogan Sewu dari kejauhan... Ahh saya mempercepat langkah saya untuk segera sampai ke air terjun yang tinggi banget ini.

Pintu masuk Taman Wisata Grojogan Sewu

Apakah arti dari aksara Jawa ini?

Nah berhubung tangganya arah menurun, jadi sama sekali ga cape yaa.. mau ribuan anak tangga juga ga masalah. Begitu sampai di area depan air terjunnya.. alangkah hepinya saya karena berhasil juga melihat langsung Air Terjun Grojogan Sewu yang populer ituh. Magnificent! Luar biasa keren banget, seger, dengan batu-batu besarnya, ah pokoknya fantastis deh. Disini juga ada sungai yang dialiri air yang berasal dari air terjun ini. Puas-puasin deh jeguran, basah-basahan dan foto-foto narsis di air terjun ini. Terdapat jembatan yang dikasi tulisan aksara Jawa. Tapi sayang saya ga tau artinya,, huhu padahal dulu waktu SD-SMP ada pelajaran aksara Jawa tapi saya udah lupa, hehehe.

Sungai yang dialiri air dari Air Terjun Grojogan Sewu
Kalau tadi turunnya ga masalah, nah balik keatasnya yang "masalah" buat saya. Yak! 1250 anak tangga itu kembali menghantuiku.. Kali ini dengan arah keatas. Omegot! Okee okee mari mulai langkahkan kaki menaiki satu demi satu anak tangga, yang penting nyampee..

*sensor*

*sensor*

Huaaah akhirnya sodara-sodara, saya berhasil kembali keatas. Huaa cape banget, perjuangan yang cukup wow dan ngos-ngosan untuk sampai atas lagi, hahaha. Ga papa lah, itung-itung bakar kalori sebanyak-banyaknya. Tapi perjuangan kembali keatas sepadan banget dengan keindahan Air Terjun Grojogan Sewu yang bikin speechless kok. Worth it, gan! 


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon