Jalan-jalan ke Solo: Taman Sriwedari, Keraton Surakarta, Kampung Batik Laweyan

Subscribe to Travelingika.com:

Berhubung lagi mesra-mesranya (baca: puyeng) sama thesis, bagaimana kalau jalan-jalan dulu? Itung-itung refreshing, menyegarkan otak yang sedang penat biar dapat inspirasi untuk nyelesaiin thesis secepatnya.. #alasan. Untunglah ada teman saya, Rofiq yang hari ini lagi cuti kerja. Kita mau one day trip ke Solo (Surakarta). Ada tiga destinasi kami hari ini yaitu Taman Sriwedari, Keraton Surakarta Hadiningrat, dan Kampung Batik Laweyan. Berangkat pagi dari Salatiga mbonceng Rofiq, lumayan..cepet juga sampai Solo nya, walaupun rada ngeri-ngeri gimana gitu soalnya Rofiq nyetir motornya cadas, suka ngebut #duh.

Okee, sampailah kita di Jalan Slamet Riyadi, Solo. Kami langsung menuju ke Taman Sriwedari. Tempat wisata ini adalah pusat seni bagi warga Surakarta. Disini terdapat gedung pertunjukan untuk menonton wayang orang. Adapun kisah wayang orang nya sendiri adalah berdasarkan cerita Ramayana dan Mahabarata. Buka mulai jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Kami disini tidak lama, hanya sekitar 30 menit saja, untuk foto dan istirahat sebentar. Didepan Taman Sriwedari ada papan-papan penunjuk arah beberapa lokasi wisata di Solo. 

Next, kami melaju ke sebuah istana Jawa tradisional, yaitu ke Keraton Surakarta Hadiningrat. Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada 1744. Didalam keraton ini terdapat museum yang menyimpan koleksi milik kasunanan, termasuk juga hadiah pemberian dari raja-raja Eropa, gamelan, replika pusaka dan yang paling menarik menurut saya adalah koleksi kereta raja. Di keraton ini saya juga berfoto bersama 2 prajurit keraton. Oya, setelah foto dengan mereka, bisa memberi donasi seikhlasnya. Yang agak disayangkan waktu kami kesini ternyata sedang ada pemugaran, jadi ga bisa foto kece didepan pintu utama keraton #hiks. Tiket masuk museumnya cukup murah, 10 ribu aja. Kami menghabiskan waktu kira-kira 2 jam di Keraton Surakarta Hadiningrat, lanjut makan siang di lapak depan keraton, dan cuss menuju ke Kampung Batik Laweyan.

Papan penunjuk arah di depan Taman Sriwedari

Pelataran Keraton Surakarta Hadiningrat

Salah satu kereta raja

Salah satu sudut museum

Beberapa patung

Ngetrip irit ga belanja Batik, cukup narsis aja
Kampung Batik Laweyan adalah tempat wisata Batik di Solo yang populer dikunjungi wisatawan baik lokal maupun asing. Sebagai daerah sentra Batik, Kampung Batik Laweyan memiliki ratusan pengrajin Batik dan di sepanjang area ini banyak bertebaran butik-butik Batik. Berhubung trip irit, jadi kami ga beli Batik disini, cuma menjelajah aja masuk ke gang-gangnya. Nah berhubung udah sore, mari kita pulang ke Ungaran lagi dan "mesra-mesra"an sama si thesis lagi :D


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon