Catatan Liburan Seru di Hong Kong

Subscribe to Travelingika.com:
ngong ping

Destinasi yang saya kunjungi selama berada di Hong Kong adalah: Ngong Ping, The Peak, Charlie Brown Cafe, The Clock Tower, Ladies Market, Garden of Stars, dan Hong Kong Disneyland. Khusus untuk Hong Kong Disneyland akan dibahas dalam postingan tersendiri. Selain itu, selama berada di Hong Kong, saya juga ngetrip satu hari ke Macau. Catatan Macau ini juga akan saya bahas di postingan tersendiri.

Berikut ini adalah catatan saya selama berada di Hong Kong:

Day 1 (4 Desember 2016) - Ngong Ping, The Peak, Charlie Brown Cafe

Tiba di Hong Kong International Airport jam 8 pagi dengan pesawat Garuda CGK - HKG, langsung beli kartu Octopus di konter Airport Express seharga HKD 150 (HKD 50 untuk deposit). Kartu Octopus ini praktis untuk bayar apa aja, naik bus, MRT, belanja, dll. Destinasi pertama saya adalah Ngong Ping di Lantau Island. Dari bandara naik bus S1 ke terminal bus Tung Chung seharga HKD 3.5 aja, bayar pake kartu Octopus tinggal tempel aja pas naik. Sampai di Tung Chung, jalan ke area dibawah cable car dimana udah ada beberapa spot antri naik bus. Ke Ngong Ping bisa dengan cable car tapi berhubung buat saya harga segitu mahal, saya pilih naik bus ajah, hehe. Bus ke Ngong Ping namanya New Lantao Bus no.23 dengan biaya hanya HKD 27 di hari Minggu. Kalau hari biasa lebih murah lagi. Perjalanan kurang lebih sejam sambil menikmati pemandangan alam dari balik jendela. 

Masuk Ngong Ping gratis tiss tiss dan disini saya berfoto di depan gerbang, lanjut ke worship place meskipun ga ke Po Lin Monastery karena waktu yang saya alokasikan disini ga banyak, lalu cuss naik tangga ke Tian Tan Buddha, patung besar Buddha yang amazing. Setelah itu jalan kaki ke Wisdom Path yang lumayan jauh melewati jalan setapak dengan pohon-pohon di kanan kiri. Tak lupa mampir ke Ngong Ping Village yang unik juga. Di area Ngong Ping kira-kira 2-3 jam lalu balik ke terminal Tung Chung dengan New Lantao Bus no.23 lagi.

Dari Tung Chung Station saya naik MRT ke Tsim Sha Tsui Station (transit di stasiun Lai King, ambil jalur Tsuen Wan turun di Tsim Sha Tsui). Russian Hostel tempat saya dan teman saya menginap ada di apartemen Chungking Mansions. Apartemen ini berisi beberapa hostel dengan harga terjangkau. Dilantai 1 banyak orang India penjual makanan, sim card dan pernak pernik hape. Setelah check in buat naruh tas dan ganti baju, saya lanjut ke destinasi berikutnya, yaitu The Peak di Hong Kong Island.

Untuk menuju The Peak, saya naik MRT dari stasiun Tsim Sha Tsui ke stasiun Central (kalau mau lebih dekat lagi ke booth The Peak bisa via stasiun Admiralty) lalu jalan mengikuti petunjuk jalan dengan tulisan The Peak Tram. Sampai didepan booth buat beli Peak Tram Sky Pass, saya ngantri sekitar 1 jam. Paket yang saya beli adalah paket The Peak Tram + Sky Terrace 428 seharga HKD 88 (return ticket). Jangankan antri panjang untuk beli tiket, untuk naik tram nya juga antriannya ga kalah panjang. Akhirnya dapat juga giliran naik tram, jalannya naik banget, cukup bikin deg-degan. Sampai di The Peak, lanjut naik ke Sky Terrace 428, tempat tertinggi untuk melihat view Hong Kong. Wow, pemandangan Hong Kong dimalam hari sungguh keceee... biarpun crowded banget tapi tetep bisa cari-cari celah buat selfie, hehe. Di sini juga ada museum lilin Madame Tussauds, dan walaupun saya ga beli tiket masuk tapi saya masih bisa poto-poto didepan museumnya.

Balik ke bawah dengan naik The Peak Tram lagi, kali ini arahnya menukik banget, deg-degan lagi. Untungnya baik berangkat maupun pulangnya selalu dapat tempat duduk, soalnya kalau berdiri bentuknya kek spiderman, pegangan disana-sini secara derajat kemiringan tramnya ituh cukup ekstrim. Lanjut jalan kaki ke stasiun Central sambil enjoy jalan-jalan malam hari di Hong Kong. Dari stasiun ini menuju ke Tsim Sha Tsui. Kebetulan temen saya pengen banget ke Charlie Brown Cafe, jadi kami cari lokasinya yang kebetulan ga terlalu jauh dari hostel kami. Cafenya keren, unyu banget dengan patung-patung tokoh Peanuts. Tapi harga makanannya cukup mehong buat saya. Saya cuma beli soup nya aja seharga HKD 25. Berhubung masih laper, mampir ke McDonalds dan beli paket Double Cheeseburger + Medium French Fries + Coca Cola seharga HKD 23 aja, murmer dan dagingnya tebel dengan jumlah kentang yang lebih banyak (padahal ya paket Double Cheeseburger nya sama kayak di Indonesia, tapi di Hong Kong lebih banyak banget kentangnya. Bangeet). Menjelang jam 9 malam, kami balik ke hostel dan tepar.


tian tan buddha

wisdom path

the peak trem

sky terrace

sky terrace hong kong

madame tussauds hong kong

the peak tram

charlie brown cafe


Day 2 (5 Desember 2016) - The Clock Tower, Macau, Ladies Market

Hari kedua ini saya khususkan untuk Macau. Btw, saya dan temen saya sempet salah arah ke terminal feri. Seharusnya kami ke China Ferry Terminal tapi malah ke Star Ferry dimana terdapat The Clock Tower. Ya sutralah, mumpung kesasar sampai sini, sekalian aja poto-poto di depan The Clock Tower. Ah ya, kalau malam, di area Star Ferry ini semarak dengan pertunjukan lampu-lampu. Sayangnya karena kurang waktu, kami ga ngulangin ke lokasi ini dimalam hari. 

Balik arah menuju ke China Ferry Terminal, sampai disana beli tiket ekonomi Turbojet seharga HKD 164. Perjalanan dilaut dengan kapal feri ini sekitar 1 jam dan turun di Macau Ferry Terminal. Trip di Macau dibahas di postingan tersendiri berjudul Wisata Sehari di Macau.

Kami balik dari Macau dengan kapal Turbojet jam 5 sore. Tiket ekonomi Macau - Hong Kong seharga HKD 153 dan sampai di Hong Kong jam 6 sore. Lanjut jalan kaki ke stasiun Tsim Sha Tsui naik MRT jalur Tsuen Wan turun di stasiun Mong Kok. Keluar via Exit A, tujuan kami adalah Ladies Market, area yang ngehits untuk beli suvenir murah. Oya, disini kabarnya banyak copet, so musti hati-hati ya gaess. Puas jalan-jalan di Ladies Market dan mencicipi street food, kami pulang dengan naik MRT stasiun Mong Kok jalur Central menuju stasiun Tsim Sha Tsui.

the clock tower hong kong


Day 3 (6 Desember 2016) - Garden of Stars, Hong Kong Disneyland

Hari ini adalah hari terakhir untuk puas-puasin ngetrip di Hong Kong. Pagi-pagi kami ke Garden of Stars yang deket banget lokasinya sama hostel. Disini terdapat beberapa patung-patung pesohor Hong Kong. Selain itu juga terdapat banyak tapak tangan artis-artis Hong Kong, seperti Jackie Chan, Andy Lau, Tony Leung, Chow Yun Fat, de el el. Pemandangan laut dan gedung-gedung juga keren diliat dari Garden of Stars ini. Di sepanjang jalan dibawah sebenarnya ada Avenue of Stars, hanya aja saat ini sedang direnovasi. 

Disini kira-kira 1,5 jam aja, lalu lanjut sarapan dan siap-siap check out dari hostel untuk lanjut ke Hong Kong Disneyland. Bahasan Disneyland (termasuk cara menuju Disneyland dengan MRT dan cara mudah ke bandara dari Disneyland) ada di postingan blog tersendiri berjudul Liburan ke Hongkong Disneyland.

garden of stars hong kong

garden of stars

garden of stars

garden of stars


Thanks God, acara ngetrip ke Hong Kong dan Macau berjalan lancar jayaa... cuaca asik banget, cerah menyenangkan, di Macau malah panas, hohoho.. ^^ 

Semoga taun depan ngetripnya bisa lebih jauh lagi. Amiin ^^.


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon