Pantai Parangtritis, Pantai Paling Mistis di Yogyakarta

Subscribe to Travelingika.com:

Untuk one day trip ini, saya dan keluarga teman saya mengunjungi 2 tempat wisata di Yogyakarta. Yang pertama, Taman Pintar yang terletak di pusat kota Yogyakarta, dan yang kedua adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini terletak di Kabupaten Bantul, sekitar 25 kilometer sebelah selatan kota Yogyakarta.


Pantai Parangtritis adalah pantai paling populer di Yogyakarta. Tiket masuk murah meriah hanya 5000 rupiah aja. Kalau bawa motor parkirnya juga murah cuma 2000 (+1000 untuk tarif masuk motor), sedangkan mobil 5000 (+5000 untuk tarif masuk mobil). Di pantai ini kita juga bisa maen ATV dengan harga sewa yang menurut saya cukup mahal yaitu 50 ribu per 15 menit! Beberapa andong/kereta kuda terlihat berseliweran di pantai ini. Untuk 1 putaran naik andong harganya 20 ribu rupiah.


Banyak yang mengaitkan pantai ini dengan hal-hal mistis. Apalagi pantai ini diyakini memiliki hubungan dengan Gunung Merapi dan Keraton Yogyakarta. Karakteristik pasir di Pantai Parangtritis berbeda dengan pantai-pantai di Gunung Kidul. Pasir disini warnanya abu gelap, dengan ombak yang besar plus angin yang kencang. Makanya ada larangan berenang di pantai ini karena membahayakan. Saya sendiri cukup menikmatinya dari jauh aja. Kalau pengen berenang yang aman ya bisa ke pemandian umum yang sudah disediakan disini.

Jejak roda ATV
Menurut saya, pantai ini memiliki view yang luas ditambah adanya gunung-gunung pasir disekitar pantai. Untuk jumlah pengunjung jangan ditanya, selalu ramai apalagi waktu weekend. Sayangnya, pantainya kotor, disana sini banyak sampah berserakan gitu aja. Duuuh, paling sebel kalau liat banyak sampah di tempat-tempat wisata alam. Harusnya bisa menikmati pemandangan, eh malah jadi terganggu sama keberadaan sampah-sampah itu. Para pengunjung itu harusnya lebih sadar diri dan ga buang sampah sembarangan. Untuk yang doyan beli oleh-oleh, disini ada banyak toko suvenir jadi bisa puas-puasin beli kaos, gantungan kunci, topi, dan lain-lain.


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon