Trip to Banyuwangi, Part 2: Pantai Mustika Pancer dan Pantai Pulau Merah

Subscribe to Travelingika.com:

Jalan-jalan ke Banyuwangi ini kami awali sejak kemarin, yaitu trip ke Mangrove Blok Bedul, Pantai Grajagan, Alas Purwo, dan Pantai Marengan. Nah pada trip hari ini kami berencana untuk mengunjungi 2 pantai yaitu Pantai Mustika Pancer dan Pantai Pulau Merah. Horeee.. yuk gaess cuss ikuti petualangan kami.

Kami berangkat pagi-pagi ke Pantai Mustika Pancer yang terletak di Desa Pancer, Kecamatan Pesanggaran. Pantai ini masih bisa dibilang sepi, dan pantainya juga bersih. Karakter pantainya beda dengan pantai yang kami kunjungi kemarin, kali ini pasirnya bersih, yes lah. Ombaknya juga besar dan menjadi view yang unik dikala kami melihat beberapa kapal sedang berlayar ditengah laut. Oh ternyata pantai ini letaknya berdekatan dengan tempat pelelangan ikan Pancer. Bisa jadi itu adalah kapal-kapal penangkap ikan. Untuk masuk ke Pantai Mustika Pancer ini tidak dipungut biaya, alias gratis. Asyik kan gaess? :D Puas-puasin untuk foto tak hanya di area berpasirnya tapi juga menjelajahi area berbatunya di sebelah kanan pantai ini. View laut dari atas bebatuan ini juga sangat menarik gaess.

Indahnya Pantai Mustika Pancer dengan view laut dan perbukitan

Jangan lupa selfie disini ya gaesss

Deretan bebatuan

Okee, setelah menghabiskan waktu sekitar 2 jam disini, kami balik ke parkiran dan bergegas ke pantai yang masih satu garis dengan Pantai Mustika Pancer yaitu Pantai Pulau Merah. Jaraknya hanya sekitar 3-4 kilometer dari Pantai Mustika Pancer, berlokasi di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran. Pantai ini adalah salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Banyuwangi. Pemerintah setempat sangat mempromosikan keberadaan pantai yang unik dengan pasirnya yang berwarna kemerah-merahan dan view Pulau Merah ditengah laut ini. Tiket masuknya hanya 5000 rupiah aja dan kamu sudah bisa menjelajahi keindahan Pantai Pulau Merah. 

Nah mengenai keberadaan pulau ditengah laut yang dinamakan Pulau Merah ini, apakah bisa dikunjungi juga? Oh tentu bisa gaess.. tapi.. ada tapinya ya.. hehe. Jangan kemari kalau pas ombak pasang karena tentu saja jalan menuju ke Pulau Merah nya tertutup ombak. Dan sayang sekali waktu kami kemari, ombak sedang pasang dan itu membuat kami mengurungkan niat untuk ke Pulau Merah #hiks. Air lautnya jernih dan karakter pasir di pantai ini luar biasa. Bersih dan berwarna agak kemerahan apalagi pada saat sunset. Itulah kenapa disebut Pantai Pulau Merah. Ombaknya sendiri cukup besar dan disarankan untuk selalu waspada ya gaess. Walaupun pemandangannya luar biasa, tapi hati-hati itu wajib hukumnya.

Oh ya, Pantai Pulau Merah juga merupakan salah satu spot surfing di Banyuwangi, bahkan pernah dijadikan lokasi sebuah kompetisi surfing internasional pada tahun 2013. Pantai ini memiliki banyak pepohonan kelapa dan warung-warung yang menjajakan makanan pun semuanya menyediakan minuman kelapa. Kawasan ini ramai, beda dengan Pantai Mustika Pancer. Wajar karena pantai ini namanya memang sangat populer. Apalagi kamu juga bisa menyewa tempat duduk untuk bersantai di pantai dengan harga murah meriah.

Kerennya view Pulau Merah ditengah laut

Spot duduk-duduk yang bisa kamu sewa
Selepas dari pantai ini, kami langsung balik ke rumah mertua teman saya karena mau langsung istirahat sebelum melanjutkan trip kami nanti malam ke Gunung Ijen


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon