Trip to Banyuwangi, Part 4: Snorkeling dan Berenang dengan Hiu di Bangsring dan Menikmati Alam Pantai Watu Dodol

Subscribe to Travelingika.com:
Hari ini adalah hari keempat kami ngetrip ke tempat-tempat wisata di Banyuwangi. Mengingat kembali aktivitas trip kami sejak 3 hari lalu, kami sudah ngetrip ke Mangrove Blok Bedul, Pantai Grajagan, dan Pantai Marengan yang berada dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, lalu hari berikutnya kami ke Pantai Mustika Pancer dan Pantai Pulau Merah yang merupakan pantai unik dengan pasir berwarna kemerah-merahan. Dan kemarin kami berhasil mencapai puncak Gunung Ijen untuk menangkap sunrise dan mengagumi keindahan view Kawah Ijen. Nah hari ini kami mau mengunjungi Bangsring dan Pantai Watu Dodol. 

Okee cuss kami langsung menuju ke Bangsring. Ada apa sih di area Bangsring? Di Bangsring terdapat Pantai Bangsring. Namun bukan pantainya yang jadi target trip. Snorkeling dan berenang dengan hiu-hiu adalah target trip di Bangsring. Area Bangsring juga digunakan sebagai area koservasi terumbu karang. Biasanya pengunjung kemari untuk bisa menikmati pemandangan bawah lautnya melalui aktivitas snorkeling ataupun diving. Tiket masuknya murmer hanya 5000 rupiah, sedangkan sewa life jacket dan peralatan snorkel dikenai biaya 25 ribu saja. Setelah memakai life jacket, segera menuju ke rumah apung ditengah laut dengan menaiki boat selama beberapa menit. Nah rumah apung ini adalah tempat penangkaran ikan hiu dan juga spot untuk menaruh barang-barang kita kalau mau snorkeling karena disediakan tempat khusus. Ya masak snorkeling bawa tas sih, kan ga lucu.

Pemandangan bawah laut terlihat indah dengan keragaman biotanya. Terlihat karang-karang dan banyaknya ikan yang lalu lalang. Sayangnya saya ga punya kamera waterproof #hiks, next time musti beli kamera waterproof nih biar kalau snorkeling bisa foto-foto. Puas snorkeling, saya menuju ke spot penangkaran hiunya. Hiu-hiunya berukuran tidak besar tapi ya pastinya lumayan juga kalau nggigit ya, hehe. Tapi jangan kuatir, hiu-hiu ini udah termasuk jinak dan bisa diajak berenang bareng. Beberapa remaja tampak berusaha menggenggam hiu ditangan mereka. Saya berhasil mengambil gambar seekor hiu itu sebelum cepat-cepat dilepas kembali ke penangkaran. Memegang kulit hiu rasanya deg-degan tapi senang juga berhasil ngelus-ngelus hiu, hehe. Oh ya, tahun 2014 saya juga pernah berenang dengan hiu sewaktu ngetrip ke Pulau Menjangan Besar di Karimunjawa, Jepara. Rasa deg-degan itu masih sama loh, ah hiu.. kamu emang paling bisa bikin hatiku deg-degan terus :D.

Kami berada di Bangsring sekitar 3 jam dan setelah itu melanjutkan trip ke Pantai Watu Dodol. Pantai Watu Dodol terletak sekitar 5 kilometer dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Nama Watu Dodol sendiri merujuk pada batu besar dengan tinggi 6 meter yang terletak di antara kedua ruas jalan. Selain itu di Pantai Watu Dodol ada patung yang terkenal dengan nama Patung Gandrung, patung yang memakai pakaian penari khas Banyuwangi. Kalau karakter pantainya sendiri mungkin tidak terlalu istimewa dengan pasir yang berwarna abu gelap, tapi view lautnya bagus. Pulang dari Pantai Watu Dodol, kami tak lupa beli oleh-oleh dulu, yaitu di area sekitar Taman Blambangan. Saya beli 2 bungkus Bagiak, kue khas Banyuwangi. Puas rasanya hari ini ngetrip ke Bangsring dan Pantai Watu Dodol. 

Hari berikutnya, hari Minggu, kami tidak melakukan aktivitas trip tapi beribadah di gereja temen saya yaitu GBT Bethesda Banyuwangi, lanjut ditraktir makan bakso, hehe kenyang rohani dan jasmani. Hari Senin tanggal 29 Juni kami pulang dengan kereta Sri Tanjung jam 7 pagi dari Stasiun Kalisetail Banyuwangi, sampai di Solo sekitar hampir jam 7 malam. 12 jam bo! Pantat saya sampe panas banget rasanya seperti udah mengeluarkan asap!. Dari stasiun Solo kami lanjut naik angkot sampai Kerten lalu naik bus jurusan Semarang. Puji Tuhan sampai dengan selamat :D :D. Terimakasih ya temans untuk liburan barengnya. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan selama hampir 1 minggu berada di Banyuwangi :D.

Pantai Bangsring. Terlihat rumah apung yang merupakan tempat penangkaran hiu

Narsis rame-rame :D

Pantai Watu Dodol

Taman Blambangan


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon