Ratu Boko Palace Yogyakarta, Reruntuhan Keraton yang Megah

Subscribe to Travelingika.com:

Kebetulan saya bukan penggemar film Ada Apa Dengan Cinta 2. Jadi sewaktu berkunjung ke Ratu Boko Palace di Yogyakarta, saya ga ngeh and had no idea kalau tempat wisata ini adalah salah satu lokasi syuting film yang dibintangi Dian Sastro itu. Saya baru tau ketika diberitahu seorang kawan yang melihat foto saya di Facebook dan berkomentar "ciee yang lagi di lokasi syutingnya AADC 2". Langsung saya reply komentar tersebut dengan "eh iya toh? eh aku ga tau hahahaha" *sambil garuk-garuk kepala*.


Anyway, saya berkunjung ke Situs Ratu Boko dengan becak, setelah sebelumnya mengunjungi Candi Kalasan dan Candi Sojiwan. Ratu Boko Palace berjarak kira-kira 3 kilometer dari Candi Prambanan dan saat ini sedang sangat ngehits, terutama ngehits karena view sunset nya. Kompleks ini luas sekali, sekitar 25 hektar dan sudah ada sejak abad ke-8. Kalau melihat dari sisa-sisa bangunannya, Ratu Boko diperkirakan adalah bekas keraton atau istana raja dimasa lampau. Nama Ratu Baka sendiri berasal dari legenda setempat yang menyebutkan nama tersebut adalah ayah dari Loro Jonggrang.

Masuk ke kompleks ini, saya membayar seharga 25 ribu, menurut saya ini wajar-wajar saja karena memang tempatnya aduhai dan dari reruntuhannya sekalipun, area ini masih terlihat elit. Di area ini terdapat gapura yang biasanya jadi spot foto-foto narsis di Instagram, terutama foto sunrise dan sunset. Terdapat juga Candi Pembakaran dan Sumur Suci (The Holy Well), alun-alun dengan view taman-taman yang indah, Paseban yang dijaman dahulu kala dipakai untuk ruang tunggu tamu-tamu yang ingin bertemu raja. Selain itu ada juga Pendopo, Keputren (Princessly Palace), dan gua.

Diluar area reruntuhan keraton terdapat resto, toko suvenir, Plaza Andrawina, pusat informasi dan area camping. Pengelola kompleks juga menyediakan paket edukatif arkeologi dan pemandu wisata. Tapi kalau saya sih, yang mandu wisata ya hape saya sendiri hehehe, maklum namanya juga backpacker. Wokeeh balik ke abang tukang becak dan lanjut ke destinasi terakhir hari ini, Candi Prambanan.


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon