Ini Olahraga Ekstrim yang Lazim Dilakukan di Pantai Siung Gunung Kidul

Subscribe to Travelingika.com:

Baiklah, mari kita piknik lagi ke Yogyakarta. Lagi-lagi ke area Gunung Kidul, namun dengan destinasi yang berbeda. Kali ini piknik ke Pantai Siung, Pantai Nglambor, dan air terjun Sri Gethuk. Di catatan ini saya akan membahas trip saya ke Pantai Siung. Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Mungkin pantai ini tidak sepopuler Pantai Indrayanti ataupun Pantai Baron, tapi tidak ada salahnya ngetrip ke pantai ini karena pesona alamnya sungguh menawan. Pantainya tidak terlalu ramai meskipun saat itu kami berkunjung waktu weekend. Saya dan teman-teman berangkat dari Semarang sekitar jam 1 malam dan sampai di Pantai Siung sekitar jam 6 pagi. Memang sudah ketinggalan momen sunrise tapi tak mengapa, pesona pemandangan pantai dan view lautnya bener-bener membuat kami bahagia. 


Di Pantai Siung banyak terdapat tenda-tenda, wah rupanya banyak juga yang suka camping disini. Masuk ke area Pantai Siung (+ Pantai Nglambor) bayarnya 5000 per orang. Area parkir luas dan banyak warung makanan yang buka. Air di kamar mandi umum seger dan tidak lengket. Berkunjung ke Pantai Siung, saya disuguhi pemandangan karang-karang raksasa dan panorama pantai yang indah. Karakter pasirnya bersih, air laut yang jernih dengan ombak yang waktu itu tidak terlalu besar. Pantai ini dikenal juga sebagai pantainya para pemanjat tebing karena ada deretan tebing karst yang dijadikan spot olahraga panjat tebing disini. Letaknya disebelah barat Pantai Siung dan biasanya deretan tebing tersebut dijadikan tempat uji nyali panjat tebing.  





Nah darimana asal nama Pantai Siung? Nama Pantai Siung sendiri ternyata berasal dari salah satu bentuk batu karang di pantai ini yang menyerupai gigi kera atau Siung Wanara. Dari batu itulah akhirnya penduduk setempat menamai pantai ini Pantai Siung. Kami berfoto ria, menikmati view lautan luas, dan relaks di pantai ini sekitar 3 jam sebelum melanjutkan trip ke Pantai Nglambor.


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon