Saturday, June 30, 2018

Berwisata ke 3 Pantai di Jepara: Pantai Bondo, Pantai Empu Rancak, Pantai Bandengan

30 Juni 2018 kami rencananya mau berwisata ke Karimunjawa. Sayang sekali kami kehabisan tiket dan baru bisa berangkat keesokan harinya. Nah, supaya hari ini tidak sia-sia, jadilah kami wisata ke 3 pantai di Jepara yaitu Pantai Bondo, Pantai Empu Rancak, dan Pantai Bandengan. Ketiga pantai ini cantik-cantik dan pasirnya putih. Berikut ini catatan jalan-jalan kami ke 3 pantai tersebut 😊.


1. Pantai Bondo

Wisata ke Pantai Bondo hanya dikenai biaya parkir mobil sebesar 5000 Rupiah saja. Pada saat tulisan ini dibuat, belum ada biaya tiket masuk alias gratis. Pantai ini dinamakan sesuai desanya, yaitu Desa Bondo yang terletak di Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Di pantai ini banyak terdapat spot cantik dan menarik untuk foto-foto. Selain itu terdapat juga tempat-tempat kulineran dengan makanan utamanya yaitu seafood dan juga aneka minuman yang harganya cukup terjangkau. Pasirnya putih, air lautnya bening, dan ombak disini cukup tenang. Selain itu banyak terdapat pepohonan di sekitar area pantai yang membuat tempat ini cukup sejuk. Kebetulan kami kemari pas weekend (hari Sabtu) jadi wisatawan yang berkunjung cukup banyak. 











2. Pantai Empu Rancak

Pada saat tulisan ini dibuat, masuk ke area Pantai Empu Rancak hanya perlu membayar biaya parkir mobil sebesar 6000 Rupiah saja. Tidak ada biaya tiket masuk alias kami masuknya gratis tis tis tis, hehe 😁. Pantai Empu Rancak yang berlokasi di Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara ini cukup sepi, tidak ramai seperti Pantai Bondo. Karakter pantainya seperti Pantai Bondo dengan pasir putih, air laut yang bening, dan ombak yang tenang. Pantai Empu Rancak masih berada di satu jalur dengan Pantai Bondo. Pantai ini jaraknya 30 menit dari pusat kota Jepara.





3. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan, yang dikenal juga dengan nama Pantai Tirta Samudra, adalah pantai yang paling terkenal di Jepara. Kabarnya, RA Kartini dahulu kerap mengunjungi Pantai Bandengan. Jumlah wisatawan di pantai ini sangat banyak dan ramai, terutama pada saat weekend. Tiket masuk kemari adalah sebesar 7000 Rupiah pada saat akhir pekan. Disini terdapat toko-toko suvenir dan Daniel tertarik untuk membeli topi koboi 🤠. Karakter Pantai Bandengan mirip dengan Pantai Bondo dan Pantai Empu Rancak, yaitu pasirnya putih dengan air laut yang bening. Terdapat pula pepohonan di sepanjang pantai yang menambah kesejukan. Di Pantai Bandengan, wisatawan bisa melakukan watersports seperti banana boat, perahu kano, jet sky, dan juga mengelilingi pantai dengan ATV. Jarak tempuh pantai ini dari pusat kota Jepara cukup dekat yaitu hanya sekitar 6 kilometer. Perjalanan bisa ditempuh via Jalan Raya Tirta Samudra. Saya dan Daniel berwisata di Pantai Bandengan ini sampai muncul sunset. Pantai ini memang terkenal dengan view sunset nya yang sangat indah. 

   

Senyum Pepsodent

Pantai Bandengan selalu ramai pengunjung


Sandal jepit Swallow selalu di hati 😁

Sunset yang indah di Pantai Bandengan

Demikian jalan-jalan kami ke Pantai Bondo, Pantai Empu Rancak, dan Pantai Bandengan di Jepara. Besok pagi kami akan mencoba untuk hunting tiket ke Karimunjawa lagi, hehe 😀.


Location Map:
Baca Juga

SHARE THIS: