Tuesday, November 12, 2019

Explore Batu Secret Zoo dan Kulineran Ditemani Hewan Buas di Jatim Park 2

Jawa Timur Park 2 adalah destinasi wisata yang berada di Kota Batu, Jawa Timur. Beralamat di Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315. Objek wisata yang sangat luas ini buka dari jam 8:30 sampai 17:30 WIB. Jatim Park 2 adalah tempat rekreasi edukasi yang didalamnya terdapat Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Eco Green Park, Pohon Inn Hotel dan Jungle Fast Food. 


batu secret zoo
Batu Secret Zoo


Saya dan Daniel ngetrip ke Jatim Park 2 pada 12 November 2019. Sebelumnya, kami berangkat dari Stasiun Tawang Semarang dengan kereta Maharani tanggal 11 November jam 11:55 WIB dan sampai di Stasiun Pasar Turi Surabaya jam 16:27 WIB. Keesokannya, kami ke Malang naik kereta Mutiara Selatan yang bertolak dari Stasiun Surabaya Gubeng jam 07:20 WIB dan sampai di Stasiun Malang jam 09:38 WIB. Berada di kereta ini selama 2 jam sangat menyenangkan, kami disuguhi pemandangan alam yang indah sepanjang perjalanan, terutama pemandangan sawah-sawah. 


kereta dari surabaya ke malang
Naik kereta dari Surabaya ke Malang


Begitu sampai di Stasiun Malang, kami langsung order GoCar ke Jatim Park 2 yang berlokasi di Kota Batu, ya biar cepet sampai aja gitu, apalagi udah jam setengah 10. Dari pengalaman ngetrip saya ke Jatim Park 2 di tahun 2014, ternyata butuh waktu yang cukup banyak untuk menjelajahi destinasi wisata yang sangat luas ini. Dari Stasiun Malang ke Jatim Park 2 jaraknya kurang lebih 20 km saja. 


batu secret zoo
Peta Batu Secret Zoo


Sampai di Jatim Park 2, kami langsung membeli tiket masuk. Nah ternyata surprise banget lagi ada promo diskon untuk WNA, jadilah tiket kami berdua totalnya hanya 162 ribu saja dan bisa masuk ke Jatim Park 2 + Batu Secret Zoo + Museum Satwa. Kami tidak masuk ke Eco Green Park supaya bisa memaksimalkan eksplor bonbin dan museumnya. Untunglah di trip saya tahun 2014, saya sudah ke Eco Green Park, hehehe 😁. Eniwei, di Jatim Park 2 ini juga ada Pohon Inn Hotel dan Jungle Fast Food yang merupakan restoran yang bisa berputar 360 derajat dan bernuansa satwa di sekelilingnya karena hanya berbatasan kaca dengan Batu Secret Zoo. Okee mari kita mulai explore Jatim Park 2 😀 .


batu secret zoo jatim park 2
Yuk kita mulai explore Batu Secret Zoo

hotel pohon inn
Pohon Inn, hotel yang bentuknya unik


Pertama, kami explore Batu Secret Zoo dulu. Batu Secret Zoo adalah tempat wisata dan konservasi satwa yang habitatnya berasal dari aneka penjuru dunia. Wah Daniel udah super antusias soalnya dia memang suka sekali wisata kebun binatang. Pokoknya kalau ke Indonesia, dia pasti seneng banget kalau ke kebun binatang, apalagi kalau bisa berfoto langsung dengan hewan-hewan eksotis yang ada di zoo tersebut. Batu Secret Zoo sangat mantap sebagai tempat belajar modern tentang satwa. Kita bisa belajar dan melihat banyak hewan eksotis disini. Tak hanya hewan-hewan eksotis lokal, namun juga banyak terdapat satwa yang didatangkan dari luar negeri. 


batu secret zoo
Salah satu spot foto bersama satwa

batu secret zoo
Aquarium

batu secret zoo
Sinaloan Milk Snake, ular eksotis dari Meksiko

batu secret zoo
Beberapa satwa yang lahir di Batu Secret Zoo


Selain itu, Batu Secret Zoo memiliki arsitektur dan interior yang unik, sangat menarik bagi wisatawan. Batu Secret Zoo memiliki koleksi 300 spesies hewan unik yang berada di lahan seluas 14 hektar. Beberapa satwa unik yang kami lihat diantaranya: Patagonian Mara yang berasal dari Amerika Selatan, Sitatunga dari Afrika, Green Tree Python dari Papua Nugini, Redbelly Piranha dan Nutria dari Amerika Selatan, Speckled Longfin Eel dari Oseania, Emperor Cichlid dan Blue Mbuna dari Afrika, King Cobra, Sinaloan Milk Snake dari Meksiko, dan lain-lain, banyak banget pokoknya. Sedangkan beberapa satwa yang lahir di Batu Secret Zoo diantaranya adalah Dwarf Mongoose, Alpaka, Landak India, Rusa Eik, Mambruk, Pygmi Marmoset, Blackbuck, Nutria, Binturong, Sitatunga, dan Watussi. Selain itu, ada koleksi unik yang baru ditambahkan yaitu... Komodo! Yes, ada 2 komodo yang sekarang tinggal di Batu Secret Zoo. Jadi kalau pengen lihat komodo tapi belum bisa ke NTT, gak usah jauh-jauh, kita bisa lihat komodo disini 😄. 


batu secret zoo
Salah satu spot di Pasar Afrika, Batu Secret Zoo


Kalau kita lihat peta Batu Secret Zoo, ada banyak sekali spot wahana dan aneka satwa disini. Diantaranya yaitu area Savannah, Pasar Afrika, Tiger Land, spot naik Gajah, River Adventure, Adventure Land, Aquarium, Reptile Garden, Fantasy Land, New Safari Farm, dan lain-lain. Nah, kalau melapar dan haus di area Batu Secret Zoo, jangan kuatir gaess, ada Cafe Garden dan beberapa food court dimana pengunjung bisa membeli aneka makanan, snack, dan minuman. Disini juga tersedia fasilitas toilet, mushola, klinik, drug store, pusat informasi, security, e-bike, dan area permainan.


batu secret zoo
Horror House, wahana uji nyali di Batu Secret Zoo


Lanjut kami menuju ke salah satu spot yang iconic di Jatim Park 2, yaitu spot foto Gorila raksasa. Ketika berjalan menuju kesana, kami melihat ada wahana bernama Horror House. Hmm sepertinya ini wahana baru, banyak sekali yang antri mau masuk ke Horror House. Ini adalah wahana uji nyali explore rumah hantu dan didalamnya ada banyak "hantu-hantu" yang siap membuat pengunjung takut dan jejeritan. Katanya sih memang serem banget, jadi siapin jantung anda ya, hehe. Saya dan Daniel tidak masuk ke wahana Horror House dan lanjut ke spot foto patung Gorila raksasa. 


batu secret zoo
Spot foto gorila yang iconic di Batu Secret Zoo


Dari spot foto Gorila raksasa, kami berjalan ke spot Kapal Nabi Nuh yang merupakan bagian dari River Adventure. Nah disini wisatawan bisa enjoy naik kapal di danau. Lagi-lagi antri ya gaess, hehe tapi puas bisa naik boat di wahana ini, apalagi ada beberapa satwa yang bisa dilihat di danau ini, seperti Siamang dan Pelican. 


batu secret zoo
Pintu masuk River Adventure

batu secret zoo
Yay, mau naik boat disini

batu secret zoo
Pelican, salah satu satwa di wahana Kapal Nabi Nuh


Keluar dari area River Adventure, kami melanjutkan jalan dan... ketemu Jerapah, hehe 🦒. Saya suka banget lihat jerapah tetapi satwa ini memang tidak selalu ada di semua kebun binatang. Biasanya hanya kebun binatang besar saja yang mempunyai koleksi jerapah. Di dekat spot jerapah, terdapat Longhorn, yaitu sapi bertanduk panjang. Selain itu, kami juga melihat harimau dan singa yang lagi asik tidur. Lucu banget kalo tidur bentuknya kayak kucing 😸.


batu secret zoo
Yay, ketemu jerapah 🦒

batu secret zoo
Longhorn, sapi bertanduk panjang

batu secret zoo
Posenya sama kayak kucing 😁😸


Setelah puas explore melihat-lihat aneka satwa di Batu Secret Zoo, kami masuk ke Jungle Fast Food, sebuah restoran yang bisa berputar 360 derajat. Resto ini adalah bagian dari Pohon Inn Hotel dan berbatasan kaca dengan Batu Secret Zoo. Pengunjung yang menikmati santapan di Jungle Fast Food bisa merasakan sensasi makan ditemani singa, leopard, cheetah, dan teman-temannya. Seru banget kan! 😁 


batu secret zoo
Jungle Fast Food

batu secret zoo
Salah satu menu di Jungle Fast Food

batu secret zoo
Pengalaman makan ditemani hewan buas 😆

batu secret zoo
Puas kulineran di Jungle Fast Food, Jatim Park 2 😀


Kami sangat hepi bisa merasakan sensasi makan di resto berputar dan ditemani hewan buas. Menu yang ada di Jungle Fast Food juga enak-enak, baik pilihan makanan maupun minumannya. Bila berkunjung ke Jatim Park 2, sempatkan ke resto ini ya gaess, recommended! 👍


batu secret zoo
Puas explore Batu Secret Zoo, Jatim Park 2


Okee, setelah puas explore Batu Secret Zoo dan kulineran ditemani hewan buas di Jungle Fast Food, kami menuju ke destinasi berikutnya di Jatim Park 2 yaitu Museum Satwa. Yuk cuss meluncur! 😁


Location Map: Batu Secret Zoo, Jawa Timur Park 2


Baca Juga

SHARE THIS: