Friday, November 8, 2019

Kelenteng Tay Kak Sie dan Reaksi Bule Makan Loenpia Gang Lombok Semarang

8 November 2019, hari ini saya dan Daniel lebih fokus ke kulineran ajah, hehe. Kami mau ke Loenpia Gang Lombok Semarang yang legendaris itu. Dari hasil googling, saya udah feeling kalau bakalan lama banget antrinya. Maklum, Loenpia Gang Lombok adalah salah satu kulineran khas Semarang yang selalu ramai pengunjung. Daniel kebetulan adalah penggemar loenpia. Di Jerman, dia sering beli loenpia dari sebuah restoran Cina di dekat tempat tinggalnya. Nah tahun lalu kami juga kulineran loenpia Semarang yaitu Loenpia Mbak Lien


tay kak sie
Kelenteng Tay Kak Sie di dekat Loenpia Gang Lombok Semarang


Kami ke Semarang sekitar jam 9 naik Bus Trans Semarang dan turun di Halte Trans Balaikota Semarang. Dari sini saya order GoCar biar cepet sampai di Loenpia Gang Lombok. Alamatnya ada di Gg. Lombok No.11, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Dan benar saja, antriannya sudah menggila gaess. Loenpia Gang Lombok buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Kedai ini sudah buka sejak tahun 1800an jadi memang sangat legendaris. Resepnya sudah turun temurun dan cita rasanya terjaga sejak dulu.


Dari pagi saja antriannya sudah panjang. Kami memesan menu Loenpia Basah dan Loenpia Goreng lalu antri sekitar 1 jam. Penantian kami tak sia-sia. Akhirnyaaa... kedua loenpia itu pun datang. Hohohoho, yuuk cuss kita cobaa 😋. Oh ya, satu loenpia harganya Rp.19.000. Hmm enak banget memang rasanya. Sebanding dengan harganya dan lama antrinya, hehe. Isian loenpia Gang Lombok memang mantap, ada udang, telur, dan rebung. Daniel antusias mencoba loenpia ini dan menurutnya Loenpia Gang Lombok adalah loenpia terenak yang pernah dia makan. Siiip deh! Ga sia-sia kan ngantri 1 jam 😁.


loenpia gang lombok
Loenpia Gang Lombok Semarang


Okee selanjutnya kami ke kelenteng di dekat kedai Loenpia Gang Lombok yaitu Kelenteng Tay Kak Sie. Kelenteng yang beralamat di Gang Lombok No. 62, Semarang ini didirikan pada tahun 1746 untuk memuja Yang Mulia Dewi Welas Asih, Kwan Sie Im Po Sat. Seiring berjalannya waktu, kelenteng ini dipakai untuk pemujaan berbagai Dewa dan Dewi Tao. Tay Kak Sie sendiri memiliki makna: Kuil Kesadaran Agung. Di depannya terdapat patung Laksamana Cheng Ho.


kelenteng tay kak sie
Patung Laksamana Cheng Ho di depan Kelenteng Tay Kak Sie


Dari Kelenteng Tay Kak Sie, kami lanjut ke Citraland Mall. Disini kami kulineran di Ichiban Sushi. Ichiban Sushi adalah salah satu tempat makan favorit Daniel setiap kali dia ke Indonesia. Kami memesan menu Dory Spicy Cheese Roll, Beef Teriyaki Fried Roll, dan Crispy Crab Sticks. Ichiban Sushi memang joss gandoss, porsi sushi nya mantap dan dengan harga yang reasonable. 


Crispy Crab Sticks
Crispy Crab Sticks di Ichiban Sushi

Dory Spicy Cheese Roll
Dory Spicy Cheese Roll di Ichiban Sushi

Beef Teriyaki Fried Roll
Beef Teriyaki Fried Roll di Ichiban Sushi

ichiban sushi
Bule penggemar Ichiban Sushi


Tetiba saya iseng pengen ngajak Daniel makan Es Teler Durian. Awalnya dia nggak mau karena dia tidak suka durian. Tapi saya berhasil meyakinkan dia untuk mau coba sedikit. Saya pesan Es Teler 77 Durian dan beginilah ekspresi wajahnya. Dia cuma "berani" coba sedikit dan langsung "mengoperkan" gelas es teler itu ke saya, hehe. Durian adalah satu-satunya makanan yang tidak dia sukai selama di Indonesia. Saya pun auto kekenyangan makan es teler durian itu sendiri 😅.


es teler 77 durian
Es Teler 77 Durian

bule makan es teler durian
Reaksi bule makan Es Teler Durian


Dari Citraland Mall kami lanjut ke Paragon City Mall karena saya mau ajak dia makan donat di J.CO Donuts. Kami beli donat dengan nama Avocado Dicaprio dan Why Nut, masing-masing seharga Rp.8000. Daniel langsung mencobanya dan dia pun langsung sumringah. Menurutnya donat J.CO itu the best, enak banget, dan lumer banget. Sebelumnya dia cuma tau Dunkin' Donuts dan sekarang donat favoritnya adalah J.CO. Dia kira ini franchise dari USA, terus saya jelasin dong kalo J.CO tuh produk asli Indonesia. Langsung kaget deh dia, hehe 😄.


J.CO Donuts
Avocado Dicaprio dan Why Nut di J.CO Donuts


Nah, sebagai penutup rangkaian aktivitas kulineran hari ini, kami beli minuman boba Bobatov. Ada 6 rasa yang ditawarkan Bobatov yaitu: Brown Sugar Milky Boba, Matcha Milky Rabbit, Rabbit Milky Coffee, Brown X Rabbit, Milky Rabbit Signature, dan Rabbit Chocolate Signature. Ini adalah pengalaman pertama Daniel minum minuman boba. Kami pesan yang Rabbit Chocolate Signature, harganya Rp.20.000. Rasanya enak, segar dan creamy banget, bobanya juga dikasi banyak. Rasa haus kami pun langsung sirna 😁.


Bobatov
Aneka rasa minuman boba Bobatov

Bobatov
Rabbit Chocolate Signature Bobatov

Bule minum boba pertama kali
Reaksi bule menikmati minuman boba pertama kali, sampe menghayati gitu 😁


Oke deh jadi segitu dulu catatan trip kami hari ini yang super santai dan lebih fokus ke kulineran. Sekian dan terimakasih 🍣🍨😊.  


Location Map: 
Baca Juga

SHARE THIS: