Wednesday, November 13, 2019

Berpetualang ke Bromo, Trip Seru di Lautan Pasir, dan Kuliner Bakso President Malang

Gunung Bromo adalah salah satu gunung yang populer di Indonesia yang memiliki ketinggian 2329 mdpl dan merupakan salah satu kawasan wisata yang terkenal. Gunung Bromo terletak di Kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru yang merupakan salah satu taman nasional terbesar di Indonesia. Kawasan ini terkenal karena keindahan pemandangan yang ditawarkannya, terutama saat matahari terbit. Di kawasan wisata Bromo, pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan alam, seperti padang pasir yang luas, hutan hujan tropis yang hijau, gunung berapi yang masih aktif, dan pemandangan sunrise yang indah dari puncak gunung. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati beragam kegiatan outdoor, seperti trekking, naik kuda, atau berkemah di dekat gunung Bromo. Selain itu, taman nasional ini juga merupakan habitat bagi beragam jenis satwa liar, seperti kijang, kucing hutan, dan berbagai jenis burung.

bromo
Berpetualang ke Bromo naik kuda 😄

Hari ini, 13 November 2019, saya dan Daniel berada di kawasan wisata Bromo. Kami berangkat tadi malam dijemput driver open trip Bromo Alvis yang sudah kami pesan sebelumnya via IG. Untuk open trip ini kami membayar sebesar 800 ribu rupiah untuk 2 orang (harga ini karena ada WNA nya yaa, jadi lebih mahal dibanding harga untuk WNI. Selain itu kami dijemput di Kota Batu jadi ada tarif tambahan untuk penjemputan). Kami dijemput di depan Jatim Park 2 dan langsung cuss menuju ke kawasan wisata Bromo. Lokasi-lokasi iconic yang akan kami kunjungi adalah: Penanjakan 1, Gunung / Bukit Widodaren, Gunung dan Kawah Bromo, Pura Luhur Poten, Pasir Berbisik, serta Bukit Teletubbies. Yuk kita mulai petualangan di Bromo! 😀

Di open trip ini kami bertemu dengan 4 wisatawan lainnya dan bareng-bareng mengunjungi tempat-tempat wisata di Bromo dengan jeep. Mantaap! Sebelumnya kami pernah explore tempat wisata dengan jeep yaitu ketika kami berwisata Lava Tour Merapi seminggu yang lalu. Saya juga sudah pernah wisata ke Bromo di tahun 2014, namun waktu itu tidak menyewa jeep dan nekat pake motor, yah maklum namanya juga backpacker irit, hehe 😅. 

Setelah beberapa lama berkendara jeep, kami sampai ke destinasi pertama yaitu Penanjakan 1. Puncak Penanjakan 1 adalah spot untuk melihat sunrise yang indah di Bromo dengan ketinggian 2774 mpdl. Di google, spot ini bahkan dikenal dengan nama: "Bromo Sunrise View Point". Terletak di barat daya gunung Bromo dan disini kami bisa menikmati sunrise dengan background gugusan gunung-gunung di sekitar Bromo. Suhu sangat dingin dan kami sampai menyewa selimut, hehe. Di foto ini Daniel bahkan masih memakai selimut itu 😁. 

bromo
View gunung-gunung dari puncak Penanjakan 1 😍

bromo
Di parkiran Penanjakan 1

Selanjutnya kami menuju ke destinasi kedua yaitu Gunung / Bukit Widodaren. Lokasinya tidak jauh dari Gunung Batok dan Gunung Bromo dan memiliki ketinggian 2614 mdpl. Nah disini kami foto-foto diatas jeep dengan background Gunung Widodaren.  

bromo
Spot iconic di Bukit Widodaren

bromo
Yuk foto dulu di spot Bukit / Gunung Widodaren

bromo
View Bukit / Gunung Widodaren

bromo
Foto ala ala di atas jeep 😁

Berikutnya, lokasi ketiga yang kami kunjungi adalah Gunung Bromo. Gunung ini adalah gunung aktif, bahkan terakhir meletus adalah pada 19 Juli 2019. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2329 mdpl dan kami menyewa kuda untuk naik gunung ini karena ingin menghemat waktu dan energi. Untuk tarif bisa tawar menawar dengan si empunya kuda yaa, hehe. 

bromo
Sebelum mulai naik anak tangga, foto dulu dimari 😁

bromo
View Gunung Batok yang indah

bromo
250 anak tangga menuju puncak Bromo 💪

Sampailah kami di tangga menuju kawah Bromo. Nah dari sini kami mendaki sekitar 250 anak tangga untuk menuju puncak Bromo. Wah mantap pokoknya siapkan stamina yang oke untuk berwisata di kawasan Bromo. Sayang banget kan kalo udah jauh-jauh sampai sini lalu kecapekan dan ga bisa melanjutkan ngetrip atau malah cuma nungguin di jeep aja, hehe. Akhirnya kami sampai juga di puncak dan bisa terkagum-kagum menikmati pemandangan kawah Bromo dari puncak. Disini kami juga menikmati view Gunung Batok yang indah. Setelah puas menikmati view dari puncak Gunung Bromo, saya dan Daniel menuruni tangga dan dianter ke parkiran dengan naik kuda yang tadi. 

bromo
Yess, akhirnya bisa lihat Kawah Bromo 😃

bromo
Kepanasan disini, wkwk 😆

view dari puncak bromo
View dari puncak Bromo

Nah dalam perjalanan ke parkiran, kami singgah sejenak ke Pura Luhur Poten. Pura yang disebut juga Sanggar Agung Poten ini terletak di bawah Gunung Bromo dan merupakan tempat sembahyang umat Hindu Tengger dan menyembah Dewa Brahma. Pura ini unik karena berlokasi di lautan pasir dan disekitarnya tidak ada bangunan lain. 

bromo
Yess, foto dengan view Pura Luhur Poten dan Gunung Batok

bromo
Mengagumi Pura Luhur Poten

Begitu sampai di parkiran, kami segera naik jeep dan menuju ke destinasi berikutnya yaitu Pasir Berbisik. Hamparan luas padang pasir ini selalu menjadi salah satu spot incaran wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Disini energi kami sudah mulai habis, hehe. Tapi hayuuuk harus tetep semangat sampe slese tripnya! 💪 

bromo
Spot iconic di Pasir Berbisik

bromo
Pasir Berbisik

bromo
Pasir Berbisik ini luas sekalee

Destinasi terakhir kami di kawasan wisata Bromo adalah Bukit Teletubbies. Disini pemandangannya serba ijo-ijo gaess. Bukit Teletubbies Bromo adalah kawasan sabana yang luasnya kurang lebih 382 hektar. Disini terdapat bukit-bukit cantik yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa tanaman yang tumbuh di area ini adalah lavender, pakis, ilalang, dan aneka jenis rumput. Nama asli dari Bukit Teletubbies sebenarnya adalah Lembah Jemplang, namun dinamai Bukit Teletubbies karena mirip dengan perbukitan hijau yang ada di serial anak-anak "Teletubbies". 

bromo
Bukit Teletubbies yang serba ijo

bromo
Foto di Bukit Teletubbies

bromo
View Bukit Teletubbies yang indah

Akhirnya slese juga trip kami di kawasan Bromo ini. Terimakasih IG Bromo Alvis yang sudah mewujudkan keinginan kami berwisata di Bromo 😍. 

bromo
Terimakasih Bromo Alvis 😍

Kami diantar ke kota Malang oleh driver open trip Bromo Alvis. Perut sudah sangadh melapar dan saya teringat kalau di Malang ada kuliner khas yang bernama Bakso President. Kebetulan waktu pertama kali ke Malang di tahun 2013, saya pernah diajak seorang kawan makan di Bakso President dan langsung jadi salah satu bakso favorit saya karena rasanya enak banget. 

bakso president malang
Menu Bakso Campur Spesial di Bakso President Malang

Bakso President berlokasi di Jl. Batanghari No.5, Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111 dan buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 9:30 malam. Lokasi tempat makan ini rada unik yaitu di pinggir rel kereta. Disini kami memesan menu Bakso Campur Spesial dan Es Jeruk. Wuaah enak sekali, bikin terharu, hehe. 

bakso president malang
Penggemar baru Bakso President Malang

Setelah kulineran di Bakso President Malang, kami jalan kaki menuju ke arah Stasiun Malang. Kami jalan kaki sejauh kurang lebih 2 kilometer dengan santai karena waktu kami masih banyak dan kami ingin sekali jalan-jalan sebentar di kota Malang yang sejuk ini. Waktu jalan kaki santai ini, kami bahkan masuk juga ke Sarinah Malang dan makan di McDonald's, hehe kayaknya kami masih melapar 😅. Lanjut kami jalan kaki ke Stasiun Malang dan naik kereta Mutiara Selatan menuju ke Stasiun Surabaya Gubeng. 

stasiun malang
Jalan kaki ke Stasiun Malang 😁

Sesampainya di Stasiun Surabaya Gubeng, kami langsung order GoCar untuk menuju ke Stasiun Surabaya Pasar Turi. Di stasiun ini, kami naik kereta Kertajaya menuju Stasiun Tawang Semarang. 

Demikianlah rangkaian trip kami di Jatim Park 2, Batu Night Spectacular (BNS) dan Kawasan Wisata Bromo. Berikut ini adalah catatan lengkapnya:
Baca Juga

SHARE THIS: