Pantai Kartini, Wisata Edukasi Bahari di Jepara

Subscribe to Travelingika.com:

Untuk penggemar pantai, mungkin Pantai Kartini ini udah ga asing lagi di telinga. Pantai Kartini yang berlokasi di Jepara ini digandrungi sebagai tempat wisata edukasi dan rekreasi untuk keluarga. Tiket masuk sangat murah yaitu 3000 aja untuk hari Senin-Jumat dan 5000 rupiah untuk weekend. Pantai disini udah dikasi pagar, jadi disini ga seperti pantai-pantai lain yang bisa bebas main di tepi laut. Kita bisa menikmati pemandangan laut dari pelataran Pantai Kartini yang cukup menarik. Yang jadi keunikan Pantai Kartini adalah adanya kura-kura raksasa yang menjadi ciri khas dari pantai ini. Biasanya pengunjung yang kemari berbondong-bondong foto dulu didepan kura-kura raksasa ini. Nah sebenarnya kura-kura raksasa itu isinya apa sih? Oh ternyata didalam kura-kura raksasa ini, pemerintah daerah sudah membuat Kura-Kura Ocean Park sebagai wisata edukasi untuk memperkenalkan keindahan dan kekayaan laut Jepara. Didalam terdapat banyak aquarium yang berisi pemandangan biota laut, ada pula touch pool atau kolam sentuh. Pengunjung dapat berinteraksi dengan ikan hanya dengan menyentuh touch pool ini. Selain itu, ada pertunjukan film 3 dimensi di Kura-kura Ocean Park ini.

Kura-kura Raksasa yang merupakan lokasi Kura-kura Ocean Park

Pintu masuk Kura-kura Ocean Park

Penampakan Laut Jepara dari Pantai Kartini
Untuk menikmati Kura-kura Ocean Park, harga tiketnya sebesar 17.500 untuk dewasa dan 12.500 untuk anak-anak pada saat weekend, dan 12.500 untuk dewasa dan 7500 untuk anak-anak di hari Senin-Jumat. Tiket pertunjukan film 3D sebesar 5000 rupiah. Abis dari Kura-kura Ocean Park, bisa cuss langsung menikmati pemandangan laut, tak lupa foto-foto di tulisan besar Pantai Kartini. Nah, sesuai namanya, pantai ini memang didedikasikan untuk mengenang pahlawan R.A Kartini yang kabarnya dulu sering bermain di pantai ini. Oleh pemerintah setempat, di pantai ini dibuatkan tugu R.A. Kartini.

Selain pemandangan laut dan Kura-kura Ocean Park yang disuguhkan di Pantai Kartini, ada juga wahana bermain anak-anak, panggung hiburan, dan rencananya akan dibangun juga permainan dan wahana yang lain. Oh ya, kalau ke Pantai Kartini, perhatikan ada dua pintu masuk. Yang sebelah kiri adalah pintu masuk ke pelabuhan, biasanya untuk wisatawan yang mau berwisata ke Karimunjawa. Sedangkan pintu masuk yang satu lagi, disebelah kanan, adalah pintu masuk ke tempat rekreasi Pantai Kartini.

Nah sebenarnya tujuan utama saya kemari adalah menjemput si Milan, bule Belgia yang saya kenal sewaktu jadi volunteer di Way Kambas National Park, Lampung. Beberapa hari yang lalu saya mengantar Milan beli tiket disini karena dia pengen banget ke Karimunjawa. Jadi hari ini saya jemput dia karena liburannya di Karimunjawa udah selesai. Nah sambil nunggu kapal yang dinaiki Milan nyampe ke pelabuhan, ga ada salahnya explore tempat rekreasi dan edukasi bahari di Pantai Jepara ini dulu, hehehe.


Beri nilai tempat wisata ini, Kak :
{[["☆","★"]]}

Yuk komen, Kak! :D
EmoticonEmoticon