Wednesday, July 4, 2018

11 Wisata Bukit di Yogyakarta, Part 1: Watu Payung, Bukit Panguk Kediwung, Tebing Watu Mabur, Jurang Tembelan Kanigoro

4 Juli 2018, hari ini saya dan Daniel jalan-jalan ke 11 destinasi wisata perbukitan di Yogyakarta. 10 destinasi berada di Bantul, dan 1 destinasi berada di Gunung Kidul. Semua lokasinya bernuansa perbukitan. Sengaja kami mencari tempat-tempat wisata perbukitan karena sudah kenyang berwisata pantai dan snorkeling di Karimunjawa 😁. Thank you agan @andreasjono dari @ojek_wisatajogja yang sudah mengantarkan ngetrip dengan harga yang sangat terjangkau. Okee, di Part 1 ini saya bahas 4 destinasi wisata dulu, yaitu: Geoforest Watu Payung Turunan, Bukit Panguk Kediwung, Tebing Watu Mabur, dan Jurang Tembelan Kanigoro.

1. Geoforest Watu Payung

Destinasi wisata perbukitan ini berada di Dusun Turunan, Girisuko, Panggang, Gunung Kidul. Buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 6 sore. Harga tiket masuk 3000 dan parkir mobil 5000. Geoforest Watu Payung adalah sebuah hutan jati yang tumbuh di tepi jurang. Lokasi wisata ini masih terbilang baru dan jalanannya banyak tanjakan. Destinasi ini adalah yang paling jauh dari semua tujuan kami hari ini. Jadi sesuai saran driver, Watu Payung ini jadi tujuan pertama kami mumpung masih pagi sekali 😄.




2. Bukit Panguk Kediwung

Berikutnya, kami menuju ke Bukit Panguk Kediwung yang berlokasi di Dusun Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul. Destinasi wisata ini adalah salah satu obyek wisata yang menawarkan pemandangan alam dari ketinggian. Terdapat juga spot foto-foto yang unik dan menarik. Tiket masuk sebesar 2500 saja, dan parkir mobil sebesar 5000. Bila ingin foto-foto di tiap spot nya dikenakan tarif 3000 / spot. Bukit Panguk Kediwung buka 24 jam.



3. Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur disebut juga Gardu Pandang Goa Gajah. Buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 6 sore. Tiket masuk 2500 dan parkir mobil 5000. Di destinasi wisata yang berlokasi di Dusun Lemahbang, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul ini terdapat beberapa bangunan yang terbuat dari bebatuan. Lokasi Tebing Watu Mabur dekat dengan Bukit Panguk Kediwung. Kami sangat menikmati view perbukitan Dlingo yang bagus sekali dari sini. 





4. Jurang Tembelan Kanigoro

Destinasi ke-4 kami hari ini adalah Jurang Tembelan yang berlokasi di Dusun Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Bantul. Buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 6 sore. Tiket masuk 2500 dan parkir mobil 5000. Foto-foto disini sangat spesial karena kami bisa berfoto dari spot kapal yang unik, dengan view deretan Pegunungan Sewu dan sungai Oyo. 




Okee itulah empat destinasi wisata perbukitan yang saya bahas di 11 Wisata Bukit di Yogyakarta - Part 1 ini. Destinasi wisata berikutnya akan saya bahas di Part 2 dan Part 3 😃.


Location Map:
Baca Juga

SHARE THIS: